KEUTAMAAN Shalat Tahajud, Yakni Untuk Meninggikan Kedudukan Manusia di Mata Allah, Sudah Tahajud Hari Ini?

- 31 Agustus 2022, 23:53 WIB
KEUTAMAAN Shalat Tahajud, Salah Satunya Untuk Meninggikan Kedudukan Manusia di Mata Allah, Sudah Tahajud Hari Ini?
KEUTAMAAN Shalat Tahajud, Salah Satunya Untuk Meninggikan Kedudukan Manusia di Mata Allah, Sudah Tahajud Hari Ini? /PIXABAY/@purwakawebid


BERITA KBB- Di dalam Islam terdapat banyak sekali amalan ibadah sunnah yang bisa dilakukan sebagai pelengkap yang berstatus wajib.

Terdapat lima jenis hukum yang disebut sebagai Ahkamul Khomsah terhadap segala bentuk perbuatan. Hal ini biasa dikenal dengan status hukum yang wajib, sunnah, mubah, makruh dan haram.

Shalat tahajud merupakan amalan yang berstatus sunnah, artinya diutamakan untuk dikerjakan karena akan mendapat pahala. Namun diperbolekan untuk tidak dikerjakan.

Akan tetapi bukan berarti sama sekali tidak melaksanakan shalat tahajud, karena di dalamnya terdapat keistimewaan yang bisa diraih.

Baca Juga: NASKAH Bacaan DOA Setelah Salat Tahajud Lengkap, Ada Bahasa Arab, Latin Hingga Artinya

Kenapa? karena hanya sedikit orang melakukan amalan ini ketika waktu seharusnya dipakai untuk istirahat.

Allah mengabadikan orang-orang yang melakukan shalat tahajud di dalam terjemah Q.S. As-Sajdah ayat 16 dan 17:

"Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa-apa rezeki yang Kami berikan. Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan."

Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili di dalam Tafsir Al-Wajiz menjelaskan, yang dimaksud lambung adalah perut, artinya mereka jauh dari tempat tidur karena sibuk melakukan shalat tahajud untuk mengharap kepada Allah dan takut akan azab-Nya.

Baca Juga: Piala Dunia U20 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023: Stadion yang Ditetapkan Kemungkinan Dikurangi

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x