Gerhana Total Akan Terjadi Lagi dan Bisa di Saksikan Secara Langsung, Catat Waktunya!

- 6 November 2022, 17:33 WIB
Ilustrasi gerhana total.
Ilustrasi gerhana total. /Pixabay/Goodfreephotos


BERITA KBB- Fenomena langit yang selalu membuat takjub adalah terjadinya gerhana, kuasa Allah inilah yang menjadi pengingat kepada hamba-Nya agar selalu bersyukur dan mengimani apa yang Allah ciptakan.

Dalam waktu dekat, fenomena langit yang akan terjadi adalah gerhana bulan total atau khusuful qamar tepatnya di hari Selasa, 8 November 2022.

Dari informasi kemenag, bahwa peristiwa ini bisa Anda saksikan secara langsung di beberapa wilayah yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Viral! Diduga seorang suami tega melakukan KDRT didepan anaknya yang masih kecil di daerah Depok

Fenomena gerhana bulan total jarang sekali terjadi sehingga menjadi momen yang ditunggu-tunggu masyarakat untuk menyaksikan dan mengabadikan keindahannya.

Meski dapat disaksikan secara langsung, akan lebih jelas jika menggunakan teropong sehingga bisa melihat objek lebih jernih.

Namun, apabila terbatas penggunaan alat maka bisa di lihat dengan mata telanjang dan berada pada tempat yang bersih dari polusi, tidak terhalang medan pandang, serta cuaca cerah.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Gerhana Lengkap Dengan Latin dan Terjemahannya, 8 November 2022 Gerhana Bulan Total

Berikut waktu terjadinya gerhana bulan total yang bisa disaksikan untuk wilayah Indonesia Bagian Barat, Timur dan Tengah.

1. Pukul 18:42 WIB terlihat di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu pada kontak Umbra 3 (U3)

2. Pukul 17:59 WIB terlihat di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur dan Kalimantan Barat.

3. Pukul 17:16 WIB | 18:16 WITA | 19:16 WIT terlihat di Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara,  Kalimantan Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, dapat dilihat pada kontak umbra 2 (U2).

4. Pukul 18:08 WIT terlihat di Papua dan Papua Barat pada kontak umbra 1 (U1).

Gerhana bulan total akan berlangsung sampai pukul 19:49 WIB, 20:49 WITA, 21:49 WIT.*** 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x