Mau Makan Bayam? Sebaiknya Jangan Dimasak Panas-Panas, Berikut Alasannya

- 4 Februari 2023, 10:30 WIB
Bayam. Mau Makan Bayam? Sebaiknya Jangan Dimasak Panas-Panas, Berikut Alasannya
Bayam. Mau Makan Bayam? Sebaiknya Jangan Dimasak Panas-Panas, Berikut Alasannya /Pixabay/
 

 

BeritaKBB - Dari sekian banyak sayuran hijau, bayam adalah sayuran yang paling fleksibel. Bisa diolah dan dimakan dengan beragam cara, seperti ditumis, kuah, bahkan bisa juga dibikin smoothie.

Seperti BeritaKBB tulis sebelumnya, banyak kandungan gizi yang dimiliki bayam. Di antaranya mengandung vitamin A, C, K, B vitamin, dan bermacam-macam antioksidan.

Bagi Anda yang ingin makan bayam olahan, perlu diingat bahwa cara mengolah bayam yang kurang tepat bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan kandungan gizi. Sayang bila makan sayuran tapi tidak dapat kandungan gizinya.

Baca Juga: Jadwal Tayangan beIN Sport 1 , 6 Februari 2023. Ada Serie A Inter Milan vs AC Milan dan Fiorentina vs Bologna

Melansir dari Health.com, bayam sebaiknya tidak diolah dengan cara dimasak. Pasalnya, kandungan lutein yang terdapat di permukaan sayuran hijau itu bisa hilang. Lutein membantu melindungi mata dan mencegah penurunan penglihatan.

 

Menurut penelitian yang terbit dalam jurnal Food Chemistry tahun 2018, lutein berkurang drastis setelah bayam dimasak selama dua menit dengan temperatur tinggi. Berbagai cara memasak lainnya pun dapat mengurangi kadar lutein perlahan-lahan.

 

Untuk bisa mendapatkan kandungan lutein dan gizi lainnya dengan maksimal, disarankan untuk makan bayam mentah-mentah. Atau bisa juga dibuat smoothie yang ditambah lemak sehat, seperti buah alpukat atau almond.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: health.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x