Hiasi Doodle Google Hari Ini, Fakta Marie Thomas, Satu-satunya Siswa Wanita dari 200 Siswa Laki-laki di STOVIA

- 17 Februari 2021, 14:28 WIB
Marie Thomas, ulang tahun hari ini 17 Februari. Dokter obstetri wanita pertama di Indonesia. Saat sekolah di STOVIA pun menjadi siswa perempuan satu-satunya di antara 200 siswa laki-laki.
Marie Thomas, ulang tahun hari ini 17 Februari. Dokter obstetri wanita pertama di Indonesia. Saat sekolah di STOVIA pun menjadi siswa perempuan satu-satunya di antara 200 siswa laki-laki. /Tangkap layar Google/

BERITA KBB- Google Doodle hari ini menampilkan sketsa seorang wanita mengenakan jas putih, lengkap dengan statetoskop sembari menggendong seorang bayi. 

Diketahui, sketsa dokter perempuan tersebut bernama Marie Thomas. Wanita ini berprofesi sebagai dokter dan menjadi dokter wanita pertama di Indonesia pada zaman kolonial Belanda. 

Marie Thomas menekuni bidang yang dikenal cukup sulit di dunia kedoteran, dan dikenal pada waktu itu kebanyakan pria yang memegangnya, yakni spresialis obstetri dan ginekologi. 

Baca Juga: ARMY Wajib Tahu, Pemain Tenis Internasional Gastão Elias Menunggu Undangan Bermain dengan BTS, Semoga segera

Sebagai informasi, ginekologi merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari tentang penyakit-penyait sistem reproduksi wanita, seperti rahim, vagina, dan ovarium. 

Sementara obstetri adalahilmu bedah kedokteran yang khusus mempelajari cara memperlakukan bayi selama masa kehamilan hingga kelahiran. 

Berikut fakta-fakta Marie Thomas yang berulang tahun hari ini Rabu, 17 Februari 2021. 

Marie Thomas lahir pada tahun 1896 di Likupang, Minahasa, Sulawesi Utara, Hindia Belanda. Dia meninggal dunia di Bukittinggi pada usia 70 tahun. 

Baca Juga: Berjodoh, Nagita Slavina dan Raffi Ahmad Ultah Bareng pada Tanggal 17 Februari, Begini Perjalanan Cinta Mereka

Halaman:

Editor: Asep Budiman

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah