Bukan Babi Panggang, Ini Maksud Bipang Ambawang menurut Fadjroel Rachman

- 8 Mei 2021, 22:52 WIB
Jokowi Sebut Kuliner Bipang Ambawang untuk oleh-oleh mudik, Juru Bicara Presiden Jokowi Fadjroel Ungkapkan Bipang yang Ia kenal dari kampung halamannya.
Jokowi Sebut Kuliner Bipang Ambawang untuk oleh-oleh mudik, Juru Bicara Presiden Jokowi Fadjroel Ungkapkan Bipang yang Ia kenal dari kampung halamannya. /Twitter/@fadjroeL

BERITA KBB – Masyarakat dihebohkan dengan kata-kata bipang ambawang yang disebut dalam pidato Presiden Jokowi.

Sebab, sebagian besar menilai bipang merupakan babi panggang yang tidak pas dipromosikan saat bulan suci Ramadhan ini.

Terkait dengan hal itu, Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman dalam akun Instagramnya memberikan penjelasan ihwal bipang yang disebut-sebut Jokowi.

“Ini Bipang (atau Bepang atau Jipang) yang saya kenal di kampung saya Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bipang Kalimantan makanan dari beras dengan gula, makanan saya dari kecil hingga sekarang kalau pulang kampung. Idul Fitri 1442 H ini,” tulis Fadjroel Rachman dalam akun Instagramnya, Sabtu 8 Mei 2021.

Baca Juga: Siapa Raditya Oloan? Berikut Profil dan Biodata Suami dari Joanna Alexandra

Baca Juga: Sinopsis Putri Untuk Pangeran Minggu 9 Mei 2021, Pangeran Bangga Calon Istrinya Putri Berhati Mulia dan Cantik

Dalam postingan lainnnya, Fadjroel juga menuliskan bahwa Bipang adalah nama generic dari makanan khas di Kalimantan dan Sulawesi.

“BIPANG adalah NAMA GENERIK makanan jaman dulu khas Kalimantan (Bepang), Sulawesi (Bepang) & Jawa (Jipang). Dikampungku Kalimantan Selatan, contohnya Bipang AA produksi Bahrul Ilmi (Desa Pingaran Ilir, Kec. Astambul, Kab. Banjar Martapura. WA: 082354436056),” tulis Fadjroel.

Masih di akun Instagram Fadjroel Rachman, juga terdapat postingan video yang menayangkan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang memberikan penjelasan mengenai bipang.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah