Miliki Potensi Ekonomi Tinggi, Jabar Kembangkan Wisata Religi Terkonsep

- 20 Januari 2022, 19:45 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berziarah ke makam Syekh Syaikhona Kholil di area masjid Pesarean Syaikhona Kholil, Bangkalan Madura, Jawa Timur, Kamis (20/1/2022).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berziarah ke makam Syekh Syaikhona Kholil di area masjid Pesarean Syaikhona Kholil, Bangkalan Madura, Jawa Timur, Kamis (20/1/2022). /Humas Jabar/

BERITA KBB -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan, saat ini Jabar tengah mematangkan pengembangan wisata religi yang lebih terkonsep.

Ditemui saat kunjungan kerja ke Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Kamis (20/1/2022), Ridwan Kamil menuturkan, wisata religi memiliki potensi ekonomi yang tinggi bila ditata dengan baik.

"Kami pernah menghitung, wisata religi itu nilai ekonominya tinggi sekali," ujarnya.

Baca Juga: Eks Pertambangan Liar Disulap Jadi Wisata Alam, Ciguha River Jadi Destinasi Wisata Air Menarik

Adapun pengembangan wisata religi di Jabar bertujuan agar peziarah lebih nyaman dan pedagang kaki lima tertata. Dampaknya denyut ekonomi akan meningkat.

"Di Jabar sedang dikonsepkan wisata religi dengan penataan serius, sehingga peziarah nyaman, PKL tertata, dan semua dapat barokahnya," tutur Kang Emil. 

Ia mencontohkan sejumlah destinasi wisata religi di Jabar yang saat ini sering dikunjungi peziarah, di antaranya Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon, Situ Lengkong Panjalu, dan Pamijahan di Tasikmalaya.

Baca Juga: Komitmen Jabar Dorong Kemandirian Ekonomi Penyandang Disabilitas

Menurut Kang Emil, dari wisata religi sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) akan tumbuh usaha kuliner dan cinderamata.

"Seperti saya tadi beli sate Madura dan oleh-oleh, kalikan saja ribuan orang yang datang,  UMKM akan meningkat apalagi penataannya lebih baik," katanya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x