Kapan Sidang Isbat Idul Fitri 2022? Simak Info dari Kemenag dan Link Di Sini!

- 30 April 2022, 10:08 WIB
Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib
Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib /kemenag.go.id/

BERITA KBB- Menjelang akhir puasa, pertanyaan kapan sidang isbat idul fitri 2022 pasti sudah ada di kepala karena melalui sidang inilah hari pasti ditentukan.

Kementerian Agama (Kemenag) sudah memberikan undangan dan info terkait kapan sidang isbat Idul Fitri 2022 akan dilaksanakan.

Melansir website resmi Kemenag, sidang isbat Idul Fitri 2022 untuk menentukan awal Syawal 1443 H akan dilaksanakan pada 1 Mei 2022.

Baca Juga: Daftar Pemain dan Sinopsis FTV Cinderella Bersapu Lidi, Ada Dinda Kirana dan Rendy Kjaernett

Berdasarkan info yang didapat dari Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag, Adib, sidang isbat idul fitri 2022 akan digelar secara hybrid, melalui luring dan daring.

Melalui luring, sidang isbat akan dilakukan di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta. Sedangkan secara daring, melalui aplikasi zoom.

"Pelaksanaan sidang isbat diawali penjelasan posisi hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag, dilanjutkan dengan informasi hasil rukyatul hilal yang digelar di 99 titik di seluruh Indonesia," kata Adib, Kamis 28 April 2022.

Baca Juga: Daftar Nama Daerah Yang Ditunda Switch Off Untuk Siaran TV Analog

Awal Syawal 1443 H akan dipertimbangkan dengan hasil hisab (perhitungan astronomis) dan hasil rukyat (pemantauan lapangan), serta masukan dari peserta sidang.

Untuk sidang isbat penentuan Idul Fitri 2022 ini, Kemenag mengundang Organisasi Kemasyarakatan (ormas) dan duta besar negara sahabat.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: kemenag.go,id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x