Hasil Sidang Isbat: Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1443 H Jatuh pada 10 Juli 2022

- 30 Juni 2022, 10:29 WIB
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi bacakan keputusan Sidang Isbat (Penetapan) Awal Zulhijah, di Jakarta, Rabu 29 Juni 2022.  Idul Adha 1443 Hijriah bertepatan dengan 10 Juli 2022.
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi bacakan keputusan Sidang Isbat (Penetapan) Awal Zulhijah, di Jakarta, Rabu 29 Juni 2022. Idul Adha 1443 Hijriah bertepatan dengan 10 Juli 2022. /Foto: Humas Kemenag RI/

 

 
 
BERITA KBB - Kementerian Agama (Kemenag) telah menggelar Sidang Isbat untuk menentukan awal Dzulhijjah pada hari Rabu 29 Juni 2022.
 
Hasilnya Kemenag menetapkan 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Jumat 1 Juli 2022.
 
Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Wakil Menteri Agama KH. Dr. Zainut Tauhid Sa'adi, M.Si.
 
 
Zainut mengatakan, dalam pelaksanaannya Sidang Isbat selalu menggunakan dua metode hisap atau metode penghitungan.
 
Serta yang kedua adalah metode ruqyah atau dengan cara melihat langsung keberadaan hilal.
 
Informasi hitungan hisab ini juga sudah dikonfirmasi oleh laporan sejumlah petugas Kemenag di daerah yang ditempatkan di 86 titik ruqyah di 34 provinsi di tanah air.
 
 
"Dari 86 titik tidak ada satu pun yang melihat hilal. Oleh karenanya berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah diatas ufuk, akan tetapi belum memenuhi kriteria,” ujar Zainut.
 
"Serta laporan hilal juga belum terlihat. Sehingga secara mufakat bahwa 1 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada Jumat 1 Juli 2022," ujar Zainut dalam siaran pers yang ditayangkan di kanal YouTube resmi Kemenag RI, pada hari Rabu 29 Juni 2022.
 
Perlu diketahui Sidang Isbat penentuan awal Dzulhijjah ini digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.
 
 
Selain menentukan awal Dzulhijjah, Sidang Isbat ini juga dilakukan untuk menentukan Idul Adha 1443 H.
 
Hasilnya, pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Juli 2022.
 
Hari Raya Idul Adha adalah pada 10 Dzulhijjah sehingga jatuh pada hari Minggu, 10 Juli 2022.
 
Sidang Isbat ini juga dihadiri oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR RI, dan perwakilan Ormas Islam.
 
Seperti diketahui, Sidang Isbat Awal Dzulhijjah akan terbagi dalam tiga tahap.
 
Sesi pertama dimulai pada pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Dzulhijjah 1443 Hijriah oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.
 
Sesi kedua sidang isbat yang dimulai setelah Magrib, serta diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari sejumlah titik yang ditentukan di Indonesia.
 
Lalu sesi ketiga, pengumuman hasil Sidang Isbat Awal Dzulhijjah yang disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming media sosial Kemenag.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x