Catat! Hujan Meteor Segera Berlangsung, Inilah Prediksi Waktunya

- 16 Juli 2022, 08:30 WIB
Hujan Meteor Alpha Capricornids dan Delta Aquariids Akan Terjadi Akhir Juli 2022, Begini Penjelasan BRIN
Hujan Meteor Alpha Capricornids dan Delta Aquariids Akan Terjadi Akhir Juli 2022, Begini Penjelasan BRIN /Pixabay/Oscar Portan
 

BERITA KBB- Fenomena hujan meteor akan terjadi dalam waktu dekat ini. Masyarakat bisa berkesempatan untuk  menyaksikan keajaiban alam yang jarang bisa terulang.

Bahkan, harus menunggu belasan hingga puluhan tahun, agar bisa menyaksikan fenomena langit yang pastinya luar biasa dan menyedot antusias masyarakat untuk melihatnya.

Menurut Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengumumkan bahwa fenomena hujan meteor ini akan terjadi di akhir bulan Juli.
 
Baca Juga: Daftar Pemeran FTV Sayang Gue Khusus Cuma Buat Pengguna Baru, Ada Soraya Rasyid dan Alex Rio

Sebelumnya, fenomena langit yang terjadi adalah konjungsi kuitet atau sejajarnya 5 planet dalam posisi yang sama. Fenomena ini bisa disaksikan masyarakat secara langsung di berbagai belahan bumi.

Atau jika menginginkan objek langit bisa terlihat lebih jelas maka bisa menggunakan teropong. Sementara itu, untuk fenomena hujan meteor yang terjadi bulan ini adalah hujan meteor Alpha-Capircornids dan Delta-Aquarids.

Hujan meteor sebenarnya sering kali terjadi, bahkan banyak yang mengatakan fenomena tersebut sebagai bintang jatuh. Padahal nyatanya berbeda.
 
Baca Juga: Viral di TikTok, Berikut Lirik Lagu 'Sikok Bagi Duo' Berbahasa Palembang Lengkap Dengan Terjemahan

Masyarakat bisa menyaksikan parade langit ini di langit selatan. Berikut prediksi tanggal terjadinya hujan meteor tersebut, yakni:

1. Tanggal 29 hingga 30 Juli 2022 terjadi hujan meteor Delta - Aquarids. Sekitar pukul 23.00 WIB di ufuk timur dan puncaknya pukul 02.00 WIB

2. Tanggal 30 hingga 31 Juli 2022 terjadi hujan meteor Alpha-Capircornids. Sekitar pukul 20.00 WIB di ufuk timur.

Sementara itu, banyak masyarakat yang bertanya apakah terjadinya hujan meteor ini akan berdampak tertentu bagi bumi?

Menurut Thomas Djamaluddin selaku peneliti BRIN mengatakan bahwa fenomena ini tidak berbahaya sama sekali. Sebab debu sisa komet akan terbakar sebelum sampai ke bumi. ***



 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah