Dari Maladewa, Presiden Sri Lanka Berangkat ke Singapura Saat Krisis

- 15 Juli 2022, 10:53 WIB
Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa dan istrinya, Ioma yang saat ini baru melarikan diri ke Singapura.
Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa dan istrinya, Ioma yang saat ini baru melarikan diri ke Singapura. /Instagram @gotabayar/

 

 
BERITA KBB - Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa yang saat ini berada di Maladewa, dikabarkan bakal terbang ke Singapura.
 
Rajapaksa telah melarikan diri dari Sri Lanka menjelang pengunduran dirinya yang dijanjikan berlangsung kemarin. Namun, hingga hari ini, tak ada pernyataan dari Rajapaksa.
 
Sementara itu, Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe ditunjuk menjadi plt presiden selama Rajapaksa kabur. Hal ini semakin membuat warga Sri Lanka mengamuk dan menggeruduk kantor PM di Kolombo.
 
 
Rajapaksa bersama istrinya dan dua ajudannya, dikabarkan akan terbang ke Singapura hari ini dengan menaiki pesawat Singapore Airlines.
 
Dilansir dari NDTV, pada hari Kamis 14 Juli 2022, seharusnya Rajapaksa terbang ke Singapura tadi malam. Namun, karena masalah keamanan, ia gagal berangkat.
 
Rajapaksa kabur ke luar negeri demi menghindari serbuan massa dan kemungkinan penahanan atas dirinya.
 
 
Pada awalnya, Rajapaksa diklaim bakal mengundurkan diri dari tempat persembunyiannya di Maladewa. Namun, saat ini tak bisa dipastikan apakah ia masih di Maladewa atau sudah berangkat ke Singapura.
 
Sumber pemerintah Sri Lanka mengatakan bahwa Rajapaksa diperkirakan bakal mengirimkan surat pengunduran dirinya ke ketua parlemen, setelah mendarat di Singapura.
 
Senada dengan Rajapaksa, Wickremesinghe juga berjanji akan turun dari jabatannya usai kediamannya juga digeruduk massa pada hari Sabtu 9 Juli 2022 lalu.
 
 
Namun, bukannya mundur, ia malah menjabat sebagai plt presiden selama Rajapaksa kabur ke luar negeri. Tak hanya itu, ia juga menunjuk ketua parlemen untuk memilih penggantinya sebagai perdana menteri.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x