Kasus Terinfeksi Cacar Monyet di Laporkan Dari 75 Negara Serta Memikiki Lima Angka Kematian

- 27 Juli 2022, 09:11 WIB
ilustrasi cacar monyet
ilustrasi cacar monyet /pixabay/yohana indriani
 

BERITA KBB - Monkeypox atau cacar monyet mengancam dunia. Merujuk data Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, hingga pertengahan Juli 2022, ada lebih dari 16 ribu kasus terinfeksi cacar monyet dilaporkan dari 75 negara, serta ada 5 kematian.

Lantaran itulah, Direktur Jenderal atau Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengumumkan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global.

"Saya telah memutuskan bahwa wabah monkeypox global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional," ujar Dirjen WHO, Sabtu 23 Juli 2022.

Baca Juga: Jadwal Acara ANTV Hari Ini, Rabu 27 Juli 2022. Ada Masha and The Bear, Gangaa Hingga Shutter

Sebelumnya, Komite Darurat WHO menggelarkan pertemuan terkait wabah cacar monyet atau monkeypox. Mereka membahas kemungkinan wabah ini akan menjadi darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian global.

"Saya berterima kasih kepada komite atas pertimbangannya yang cermat terhadap bukti, dan masalah," kata Tedros Adhanom Ghebreysus.

 

Kendati belum terdeteksi di Indonesia, virus cacar monyet tetap berisiko masuk dan menyebar pula di Tanah Air. Karena itu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan atau Dirjen P2P Kemenkes Maxi Rondonuwu menjelaskan sejumlah upaya antisipasi.

 Baca Juga: Jadwal Acara Indosiar Hari Ini 27 Juli 2022, Ada D'Academy 5 2022, Kisah Nyata Spesial, dan Chinese Zodiac

"Kemenkes sejak muncul monkeypox di beberapa negara sudah melakukan surveilans aktif di semua pintu masuk negara, terutama di bandara dan pelabuhan laut," ucap Dirjen P2P Kemenkas.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: tirto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x