Kenali Fakta dan Manfaat Ikan Tomang, Hidup di Sungai Kalimantan Barat

- 28 Juli 2022, 19:48 WIB
Selain ikan tomang, warga juga menemukan bulus atau kura-kura yang sudah dalam keadaan mati mengapung. Saat dinaikkan dari air dan ditimbang, beratnya sekitar 20 kilogram
Selain ikan tomang, warga juga menemukan bulus atau kura-kura yang sudah dalam keadaan mati mengapung. Saat dinaikkan dari air dan ditimbang, beratnya sekitar 20 kilogram /sukoharjo update/kinan riyanto/

 


BERITA KBB- Ikan Tomang hidup di Sungai Kalimantan Barat yakni ikan liar yang diketahui memiliki manfaat dan gizi baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Di beberapa daerah, Ikan Tomang di olah menjadi makanan seperti di semenanjung Malaysia, Sungai Menam, Sungai Meikong dan Pulau Sumatara.

Ikan Tomang mengandung banyak vitamin dan gizi yang bermanfaat bagi tubuh di antaranya kandungan albumin dan tinggi protein, serta mineral yakni Zn (seng), Fe (zat besi), K (kalium), dan Ca (kalsium).

Baca Juga: Kasus Doni Salmanan Mulai Disidangkan 4 Agustus 2022, Ancaman Penjara 20 Tahun

Adapun kandungan lemak lainnya yang terdapat dalam ikan Tomang yakni Treonin, valin, metionin, L-leusin, leusin, fenilalanin, histidin, lisin, arginin, asam aspartat, serin, glutamat, glisin, alisin, dan tirosin.

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, daging ikan Tomang memiliki fungsi lain yang tak kalah baiknya yakni :

1. Obat untuk penyakit tekanan osmotik

2  Sebagai perawatan proses penyembuhan luka. 

Baca Juga: Kasus Doni Salmanan Mulai Disidangkan 4 Agustus 2022, Ancaman Penjara 20 Tahun

3. Sebagai potensi antihiglikemik,

4. Baik di konsumsi bagi penderita hipoalbuminemia.

Selain kebutuhan medis, Ikan Tomang banyak diolah masyarakat setempat untuk dibuat menjadi ikan asin, kemudian di jual, sebagai makanan yang lezat.

Itulah fakta dan manfaat ikan Tomang, ikan liar penghuni sungai Kalimantan Barat.***

 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x