Ferdy Sambo: Saya Dibawa ke Mabes Polri Usai Keterangan Richard Eliezer

- 15 Desember 2022, 13:54 WIB
Ferdy Sambo: Saya Dibawa ke Mabes Polri Usai Keterangan Richard Eliezer
Ferdy Sambo: Saya Dibawa ke Mabes Polri Usai Keterangan Richard Eliezer /Sumber Istimewa
 
BERITA KBB - Terdakwa Ferdy Sambo mengaku dijemput jenderal bintang dua untuk dibawa ke Mabes Polri, akibat keterangan Richard Eliezer alias Bharada E yang sebut eks Kadiv Propam itu menembak Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.
 
Dalam berita acara pemeriksaan (BAP) pada 5 Agustus 2022, Bharada E menyebut seluruh tembakan kepada Yosua dilakukan Ferdy Sambo.
 
“Ternyata keterangan kebohongan tanggal 5 itulah yang kemudian saya dijemput oleh bintang dua dibawa ke Mabes Polri dan dipatsus,” ujar Ferdy Sambo, menanggapi keterangan Bharada E yang menjadi saksinya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 13 Desember 2022.
 
 
Ferdy Sambo mengaku baru memberi keterangan yang sebenarnya setelah sang istri, Putri Candrawathi, diancam ditersangkakan.
 
“Setelah istri saya diancam akan ditersangkakan, saya sampaikan semuanya. Tapi apa nyatanya? Tetap ditersangkakan dan diterdakwakan, ini perlu saya sampaikan,” beber Sambo.
 
Sambo kemudian meminta Bharada E bersaksi yang sebenarnya tentang penembakan. Sebab, hingga saat ini Bharada E menyaksikan Ferdy Sambo menembak.
 
 
“Kalaulah saksi menyampaikan bahwa saya meminta menghajar lalu saksi menerjemahkan itu perintah penembakan dari saya, saya akan bertanggung jawab. Tapi kita berdua yang bertanggung jawab,” ujar Ferdy Sambo, dengan suara bergetar.
 
“Saya akan bertanggung jawab apa yang saya lakukan. Tapi saya tidak bertanggung jawab atas apa yang tidak saya lakukan,” imbuhnya.
 
Ferdy Sambo pun menegaskan kembali jika ia dijemput Mabes akibat kebohongan Bharada E.
 
“Yang Mulia, saya dibawa bintang dua ke Mabes Polri atas keterangan dia tanggal 5, tapi saya mengubah dan mengakui semua di tanggal 8 dengan berita acara,” ujar Ferdy Sambo.
 
 
Ketua Majelis Hakim, Imam Wahyu Santoso, kemudian meminta tanggapan Bharada E atas sanggahan Ferdy Sambo dalam sidang.
 
“Bagaimana saksi?“
 
“Saya tetap dengan keterangan saya,” jawab Bharada E.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah