Putri Candrawathi Miliki Ketergantungan dengan Orang Lain Termasuk Para Ajudan

- 23 Desember 2022, 13:53 WIB
Putri Candrawathi Miliki Ketergantungan dengan Orang Lain Termasuk Para Ajudan
Putri Candrawathi Miliki Ketergantungan dengan Orang Lain Termasuk Para Ajudan /
 
BERITA KBB - Istri eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi disebut merupakan pribadi yang memiliki ketergantungan dengan orang lain apabila orang yang yang dimaksud menciptakan rasa aman baginya.
 
Hal itu diungkap Reni ketika menjadi saksi ahli di sidang terdakwa Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kuat Ma’ruf, Ricky Rizal dan Richard Eliezer alias Bharada E di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 21 Desember 2022.
 
"Jadi, dia ini ada semacam dependensi secara emosional kepada orang yang objek bergantungnya. Dalam hal ini kepada ortunya, suaminya," ujar Reni dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.
 
 
Tak hanya kepada orangtua dan suami, Putri Candrawathi juga disebut bisa mempercayai orang lain termasuk para ajudan jika dia merasa percaya.
 
"Mungkin kepada ajudan - ajudan yang dia percayai?" tanya jaksa kepada Reni.
 
"Bisa juga. Jika ajudan itu memberikan rasa aman kepada dirinya dia akan percaya kepada orang tersebut," ucap Reni.
 
Dengan adanya kepribadian yang bergantung itu maka Putri kata Reni, akan kerap mencari orang yang dipercayanya untuk berlindung jika ada ancaman.
 
 
"Secara psikologi apabila kondisi Putri Candrawathi memiliki serangan dalam artian ada sesuatu yang membuat dia rasa takut, apakah dia akan menuju kepada orang aman dalam hal ini suaminya atau orang - orang terdekat untuk memberi informasi rasa aman kepada dirinya?" tanya jaksa.
 
"Iya, dia akan mencari rasa aman melalui figur yang buat dirinya bisa menguatkan," ujar Reni.
 
Bahkan jika Putri mengalami sesuatu yang membuatnya tersakiti maka yang bersangkutan akan membicarakan hal tersebut kepada orang yang dipercaya.
 
Termasuk kata Reni dalam faktor sensitif, Putri Candrawathi juga akan bercerita kepada orang yang dinilainya dipercaya tersebut.
 
 
"Pada hal - hal yang bersifat sensitif yang bisa kemudian dia mengakibatkan rasa malu, dia mengakibatkan rasa takut, kewibawaan terancam itu akan selektif, tetapi mencari rasa amannya itu menjadi satu pola yang memang itu satu kepribadiannya," ujar Reni.
 
"Apabila dia itu malu, tetapi ada yang membuat dia rasa aman, itu pun akan dia ceritakan?" tanya jaksa.
 
"Ya, bisa jika dinilai aman dari yang bersangkutan," jawab Reni.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x