Jangan Khawatir! Ini Tips Mencegah Kebakaran di Gedung

- 6 Februari 2023, 16:03 WIB
Pemadam kebakaran Bandung berhasil menjinakan api yang melalap RS Bandung Kiwari pada Rabu 1 Februari 2023 pagi
Pemadam kebakaran Bandung berhasil menjinakan api yang melalap RS Bandung Kiwari pada Rabu 1 Februari 2023 pagi /Pemkot Bandung

BERITA KBB - Kebakaran gedung adalah salah satu ancaman yang serius bagi keamanan dan keselamatan masyarakat. Kebakaran gedung dapat menimbulkan kerugian materi dan jiwa, serta merugikan lingkungan sekitar.

“Berdasarkan data tahun 2021, total Jumlah Kebakaran Bangunan adalah 33, turun -500%”, dilansir dari opendata.jabarprov.go.id.

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan kebakaran gedung dan cara untuk mencegahnya:

-        Kurangnya perawatan dan pemeliharaan: Kebakaran gedung sering disebabkan oleh kurangnya perawatan dan pemeliharaan sistem keamanan, seperti sistem pemadam api, instalasi listrik, dan sistem deteksi asap.

-        Penggunaan bahan bakar tidak aman: Penggunaan bahan bakar seperti lilin, rokok, dan alat pemanas yang tidak aman dapat menimbulkan risiko kebakaran.

-        Penyimpanan bahan bakar: Penyimpanan bahan bakar, seperti bahan bakar cair dan gas, yang tidak aman dapat menimbulkan risiko kebakaran.

-        Keausan listrik: Keausan pada sistem listrik, seperti kabel, stop kontak, dan saklar, dapat menimbulkan risiko kebakaran.

Baca Juga: Ribuan Personel Polda Metro Siaga Amankan Unjuk Rasa Partai Buruh di Gedung DPR/MPR RI

Langkah Pencegahan Kebakaran di Gedung

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x