KRD Bandung Raya akan Beralih ke KRL, Diharapkan Dongkrak Minat Masyarakat Naik KA hingga 100 Persen

- 22 Februari 2023, 12:13 WIB
Ilustrasi KRL.
Ilustrasi KRL. /Pixabay/Nuttan Art

Berita KBB - Rencana elektrifikasi jalur kereta api (KA) lintas Padalarang - Bandung - Cicalengka yang dilayani KA Lokal Bandung Raya atau Kereta Rel Diesel (KRD) Bandung Raya kembali mencuat. KRD ini dilaporkan akan beralih ke jenis kereta rel listrik (KRL).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Dadang Darmawan mengatakan, elektrifikasi KRD Bandung Raya menjadi KRL merupakan bagian dari rencana operasional Kereta Cepat Jakarta - Bandung. KRL Bandung Raya ini nantinya akan jadi KA pengumpan.

Dadang juga mengatakan, peralihan ke KRL Bandung Raya ini ditargetkan dimulai pada 2024 nanti. Ia berharap nantinya minat masyarakat naik kereta api bisa meningkat sehingga dapat mengurangi kemacetan.

Baca Juga: Bunga Citra Lestari Bicara Soal Mandiri, Dua Hal Ini Harus Ada Dalam Diri Wanita

“Pemkot Bandung sangat mendukung dan gembira akan program terkait aksesibilitas masyarakat yang akan berkunjung ke Kota Bandung,” ujarnya pada Senin 20 Februari 2023, seperti dikutip dari PRFMNews, Rabu 22 Februari 2023.


Lebih lanjut, Dadang menjelaskan, proses peralihan ke KRL Bandung Raya ini akan dibagi dalam 2 tahapan. Tahap pertama akan dimulai dari lintas Padalarang hingga Bandung, lalu dilanjut ke tahap kedua dari Bandung hingga ke Cicalengka.


“Secara bertahap, feeder yang awalnya kereta diesel akan diganti jadi kereta listrik (KRL, red),” pungkasnya.


Untuk mempersiapkan rencana peralihan KRD Bandung Raya menjadi KRL Bandung Raya, Pemkot Bandung selanjutnya akan berkoordinasi secara teknis dengan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub).

Baca Juga: Biodata Yoriko Angeline, Pemeran Tari di Jingga dan Senja yang Digosipkan jadi Pacar Abidzar Al Ghifari

Di sisi lain, pihak DJKA Kemenhub menilai, peralihan ke KRL Bandung Raya dapat membawa potensi peningkatan jumlah penumpang. Seperti contohnya elektrifikasi KA Prameks Solo - Yogyakarta PP yang mendongkrak angka penumpang hingga 100 persen.


“Kami juga meminta kolaborasi dengan Pemkot Bandung untuk proses ke depannya,” ujar Kasubdit Fasilitas Operasi DJKA Kemenhub, Ferdian Suryo.


Menurut Ferdian, saat ini ada 61 rangkaian KA Lokal Bandung Raya yang beroperasi setiap harinya. Dari 61 rangkaian tersebut, sebanyak 45.000 penumpang diangkut sepanjang Padalarang - Bandung - Cicalengka bolak-balik.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Prfmnews Dishub Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x