Anak Krakatau Erupsi yang ke-5 kali Rabu Dini Hari, Berikut Riwayat Letusan dan Tinggi Kolom Abu Sejak Selasa

- 29 Maret 2023, 14:08 WIB
Ilustrasi gunung anak Krakatau. Berikut riwayat erupsi gunung Anak Krakatau yang sudah terjadi 5 kali sejak Selasa 28 Maret 2023.
Ilustrasi gunung anak Krakatau. Berikut riwayat erupsi gunung Anak Krakatau yang sudah terjadi 5 kali sejak Selasa 28 Maret 2023. /Pixabay/

Berita KBB - Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda, Lampung, dikabarkan mengalami erupsi atau letusan pada Rabu 29 Maret 2023 dini hari sekira pukul 00.41 WIB. Erupsi gunung itu terekam Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

 

Dilansir Antaranews, petugas Pos Pemantauan Gunung Anak Krakatau, Deny Mardiono mengatakan, erupsi atau letusan Gunung Anak Krakatau terekam alat seismograf dengan amplitudo maksimum 70 milimeter selama durasi 25 detik.

 

Menurut Deny, kolom abu letusan tampak berwarna hitam tebal dan mengarah ke arah barat daya. Adapun tinggi kolom abu terpantau sekitar 600 meter di atas puncak.

Baca Juga: Daftar Pemain Ftv Sctv 'Sekuntum Cinta Untukmu' Di Sctv Dibintangi Ridwan Ghany dan Maria Theodore

“Tinggi kolom letusan teramati lebih kurang 600 meter di atas puncak,“ ujarnya dalam laporan tertulis, seperti dikutip dari Antaranews.

 

Letusan Gunung Anak Krakatau pada Rabu dini hari ini menyusul erupsi yang terjadi pada Selasa 28 Maret 2023. Tercatat erupsi cukup besar terjadi sebanyak 5 kali, yang dimulai pada pukul 04.12 WIB dengan tinggi kolom abu mencapai 800 meter di atas puncak.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x