Siklon Tropis ILSA Lewat, Jabar dan Sebagian Wilayah Indonesia Bakal Diguyur hujan Disertai Petir Hingga Besok

- 13 April 2023, 10:39 WIB
Analisis BMKG soal Bibit Siklon Tropis 98S.
Analisis BMKG soal Bibit Siklon Tropis 98S. /Twitter/ @infobmkg./
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca hujan disertai petir di sebagian besar wilayah Indonesia yang diprediksi terjadi pada Kamis 13 April 2023 dan Jumat 14 April 2023 esok hari.

Menurut laporan yang dirilis BMKG pada Rabu 12 April 2023, kondisi cuaca hujan ini dipengaruhi oleh adanya Siklon Tropis ILSA yang terdeteksi di Samudera Hindia selatan Pulau Sumba dengan kecepatan angin maksimum 60 knot atau 111 kilometer per jam.

Siklon Tropis ILSA bergerak ke arah barat daya menjauhi wilayah Indonesia, dan membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin sepanjang selatan Jawa Barat hingga Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Sinopsis Imlie ANTV Kamis, 13 April 2023: Imlie Berlatih Menari, Aditya Tersenyum Melihatnya

Selain itu, BMKG juga mendeteksi bibit Siklon Tropis 90W di Teluk Lagonoy Filipina. Siklon tropis berkecepatan angin maksimum 30 knot atau 56 km/jam ini bergerak ke arah barat laut dan berpotensi tumbuh menjadi Siklon Tropis kategori sedang dalam 24 jam ke depan.


Siklon Tropis ILSA, dan bibit siklon tropis ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah yang dilewatinya. Berikut ini wilayah yang berpotensi hujan disertai petir pada hari ini dan besok, sebagai dampak dari siklon tropis tersebut.


Perlu diingat bahwa data yang disajikan di bawah ini merupakan peringatan dini dan bersifat prakiraan, sehingga cuaca sebenarnya yang timbul bisa saja berbeda.


  1. Peringatan Dini Cuaca Kamis 13 April 2023

Pada hari ini, BMKG memprakirakan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah berikut:

Sumatra: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Jawa - Bali - Nusa Tenggara: Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan  Nusa Tenggara Timur.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x