Apa Itu Gerhana Matahari Hibrida, Fenomena Alam Yang Akan Muncul Di Langit Indonesia 20 April Mendatang

- 18 April 2023, 12:00 WIB
Apa Itu Gerhana Matahari Hibrida, Fenomena Alam Yang Akan Muncul Di Langit Indonesia 20 April Mendatang
Apa Itu Gerhana Matahari Hibrida, Fenomena Alam Yang Akan Muncul Di Langit Indonesia 20 April Mendatang /Pixabay/ VISHNU_KV /
 

BERITA KBB - Fenomena alam berupa gerhana matahari akan muncul di langit Indonesia pada Kamis, 20 April 2023 mendatang.

Gerhana matahari yang muncul kali ini adalah gerhana matahari hibrida, jenis gerhana matahari yang jarang muncul. Fenomena ini terjadi beberapa kali setiap seratus tahun.

Tidak hanya di Indonesia, gerhana matahari hibrida ini juga bisa diamati dari beberapa wilayah di kawasan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Baca Juga: Disnakertrans Jabar Sebut Persoalan THR di Jabar Berkurang pada Lebaran Tahun Ini

Dilansir Berita KBB dari Space.com, gerhana matahari hibrid ini berubah dari gerhana matahari total sampai berbentuk cincin seiring bayangan bulan yang bergerak menutupi matahari.


Gerhana matahari hibrida ini terlihat berbeda, tergantung tempat melihatnya. Di beberapa tempat, akan terlihat bulan yang sepenuhnya menutupi matahari.


Sementara itu, di tempat lain, gerhana matahari yang terlihat adalah gerhana matahari berbentuk cincin.


Merujuk Antara dari Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN Dr. Johan Muhamad, M.Sc, gerhana matahari hibrida adalah gerhana matahari yang tampak dari sebagian wilayah bumi sebagai gerhana matahari total, namun di wilayah lain tampak seperti gerhana matahari cincin.


Johan juga menyebutkan bahwa gerhana kali ini tergolong spesial karena gerhana matahari hibrida jarang terjadi.


Johan menjelaskan gerhana matahari hibrida ini akan terlihat sebagai gerhana matahari total jika dilihat di wilayah Indonesia Bagian Timur.


Wilayah Indonesia Bagian Timur yang akan dilintasi fenomena alam ini adalah Kabupaten Fakfak, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Kepulauan Yapen, dan lainnya.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x