Jelang Lebaran 2023, Pemudik Kini Bisa Pantau Kepadatan Arus Mudik di Jalan Tol Lewat Situs Ini!

- 20 April 2023, 13:30 WIB
Jelang Lebaran 2023, Pemudik Kini Bisa Pantau Kepadatan Arus Mudik di Jalan Tol Lewat Situs Ini!
Jelang Lebaran 2023, Pemudik Kini Bisa Pantau Kepadatan Arus Mudik di Jalan Tol Lewat Situs Ini! /ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra./ADITYA PRADANA PUTRA
 
 
BERITA KBB - Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT telah menyiapkan peralatan pemantauan jalan tol dengan menggunakan closed circuit television atau CCTV. 
 
Fitur ini memungkinkan para pemudik untuk melacak pergerakan kendaraan mulai dari kepadatan dan menyiapkan rute alternatif di setiap ruas jalan tol yang akan dilalui saat arus mudik.
 
BPJT Kementerian PUPR menyediakan situs khusus untuk memantau kepadatan lalu lintas secara langsung atau real time. Lewat situs https://bpjt.pu.go.id/cctv/cctv_inframe.
 
 
Bahkan berdasarkan situs resmi tersebut, terdapat 71 ruas tol yang bisa dipantau melalui CCTV yang dapat diakses melalui handphone pribadi.
 
Tidak hanya itu, kamera pantauan itupun tersebar untuk seluruh tol, baik Tol Trans Jawa, Tol Trans-Sumatra, Tol Kalimantan, Tol Sulawesi, dan Tol Bali. 
 
Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai regulator bersama para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sebagai operator, terus berupaya memberikan layanan yang semakin baik dari waktu ke waktu bagi masyarakat dalam rangka arus mudik dan arus balik.
 
Tak hanya itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) membuka secara fungsional 11 ruas tol untuk mendukung arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.
 
"Untuk Lebaran kali ini kami akan membuka secara fungsional 11 ruas tol baru dengan total panjang 222 km," ujar Sekretaris BPJT, Triono Junoasmono yang dikutip dari ANTARA, Selasa 18 April 2023.
 
 
Yongki mengatakan, 11 ruas tol yang dibuka secara fungsional tersebut, antara lain Ciawi-Sukabumi Seksi 2 (Cigombong-Cibadak), Cileunyi- Sumedang-Dawuan ( Cisumdawu) Seksi Cimalaka-Dawuan, Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Taman Mekar-Sadang), Cibitung-Cilincing Seksi 4 (Tarumajaya-Cilincing), Cimanggis-Cibitung Seksi 2A (Jatikarya-Cikeas).
 
Kemudian ruas tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A (Probolinggo Timur- Interchange Gending), Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo Sebagian Seksi 1.1
 
Sedangkan ruas tol Trans Sumatera yang dibuka secara fungsional, antara lain Kuala Tanjung-Tb. Tinggi-Parapat Seksi Tebing Tinggi - SS Indrapura dan Seksi Dolok Merawan-Sinaksak, Sigli-Banda Aceh Seksi Blang Bintang-Baitussalam, Binjai-Langsa Stabat-Tanjung Pura (Stabat-Jl. Proklamasi), Simpang Indralaya-Muara Enim Seksi Simpang Indralaya-Prabumulih.
 
"Karena ruas-ruas tol ini sifatnya fungsional, sesuai dengan arahan Korlantas Polri maka kami akan membuka secara fungsional ruas - ruas tol tersebut hanya pagi hingga sore hari," ujar Yongki.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x