Jelang Lebaran 2023, Puncak Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen Terjadi 19-21 April!

- 20 April 2023, 14:00 WIB
Jelang Lebaran 2023, Puncak Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen Terjadi 19-21 April!
Jelang Lebaran 2023, Puncak Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen Terjadi 19-21 April! /ANTARA FOTO/Dedhez Anggara./ANTARA FOTO
 
 
BERITA KBB - Kepala Humas (Kahumas) Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan Rabu, 19 April 2023 merupakan libur Idul Fitri yang pertama.
 
Dengan demikian, situasi keberangkatan KA jarak jauh baik di stasiun Pasar Senen maupun stasiun Gambir mulai meningkat secara signifikan.
 
Artinya, dari sisi penggunaan penumpang, periode puncak mudik di wilayah Jakarta dimulai tanggal 19 Hingga 21 April, ujar Eva saat ditemui di stasiun Pasar Senen, Rabu.
 
 
Eva mengatakan bahwa 19-21 April, kereta api yang berangkat dari stasiun Pasar Sene dan Gambir memiliki okupansi 100 persen.
 
"Bahkan hari ini tiket kereta sudah habis terjual, tidak ada lagi, di stasiun stasiun," ujarnya. Tiket harga khusus yang biasanya diberikan pada kereta api jarak pendek yang dilayani oleh rute jarak jauh disebut tiket going show.
 
Penyebutan ini karena tarif khusus hanya dapat dibeli kira-kira dua jam sebelum perjalanan.
 
Eva juga mengungkapkan bahwa hampir semua tiket kereta habis terjual kecuali ada yang membatalkan.
 
 
“Namun kami melihat sangat jarang yang mengatakan ada pembatalan yang terjadi pada Lebaran kali ini, misalnya dia tidak memenuhi syarat atau terlambat datang ke stasiun,” ujarnya.
 
Saat ini, 24 ribu pengguna jasa berangkat dari stasiun Pasar Senen dan kemudian sekitar 18 ribu pengguna jasa dari stasiun Gambir. 
 
“Jadi mungkin rata-rata kenaikan hingga tanggal 21 April, tidak jauh berbeda, hanya saja umumnya okupansi dari tanggal 19-21 April sekitar 100 persen, sudah mencapai 100 persen,” ujarnya.
 
Sementara untuk tanggal 22-23 April atau H-1 Lebaran, penjualan tiket kereta api meningkat signifikan hingga 95 persen.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah