Waspada, BMKG Prediksi Angin Kencang Berpotensi Landa Jawa Barat! Simak Peringatan Dini Cuaca 25-26 Juli 2023

- 25 Juli 2023, 09:15 WIB
Waspada, BMKG Prediksi Angin Kencang Berpotensi Landa Jawa Barat! Simak Peringatan Dini Cuaca 25-26 Juli 2023
Waspada, BMKG Prediksi Angin Kencang Berpotensi Landa Jawa Barat! Simak Peringatan Dini Cuaca 25-26 Juli 2023 /
 

Berita KBB - Bila Anda penasaran dengan kondisi cuaca pada esok dan lusa hari utamanya di Jawa Barat, ada informasi peringatan dini cuaca selama 2 hari ke depan, Selasa-Rabu 25-26 Juli 2023. Simak penjelasannya berikut ini.

Menurut laporan peringatan dini cuaca yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Senin 24 Juli 2023, hujan lebat diprediksi mengguyur sebagian wilayah Indonesia pada esok hari dan lusa.

Angin kencang juga diprediksi berpeluang terjadi di beberapa wilayah pada kurun waktu tersebut.

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Selembut Cinta di Pancake Durian, Amanda Rawles dan Ridwan Ghani, Tayang 23:00 WIB

Menurut BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Bengkulu yang membentuk daerah konvergensi atau perlambatan kecepatan angin memanjang di Kepulauan Bangka Belitung.


Di wilayah Sumatra, daerah perlambatan kecepatan angin terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatra Utara, sementara di Kalimantan memajang dari perairan selatan Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah.


Daerah perlambatan angin juga terdapat di sepanjang Nusa Tenggara Timur, dari Teluk Bone hingga Selat Makassar, dari Sulawesi Tengah hingga Laut Sulawesi, di perairan utara Papua Barat dan di Papua.


BMKG memprediksi peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.


Selain pertumbuhan awan hujan, sirkulasi siklonik itu juga meningkatkan kecepatan angin permukaan lebih dari 25 knot atau 46 km per jam di Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Laut Seram, yang membuat gelombang laut di wilayah perairan sekitarnya bertambah tinggi.


Untuk informasi lebih detailnya, berikut ini peringatan dini cuaca dan daftar wilayah yang diprediksi terdampak hujan dan angin kencang 2 hari ke depan pada Selasa-Rabu 25-26 Juli 2023.


Perlu diperhatikan bahwa data berikut hanyalah bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang terjadi sesungguhnya bisa saja berbeda.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah