Belasan Provinsi di Indonesia Bakal Terdampak Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Hingga 17 Agustus, Berikut Daftarnya

- 12 Agustus 2023, 14:15 WIB
Belasan Provinsi di Indonesia Bakal Terdampak Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Hingga 17 Agustus, Berikut Daftarnya
Belasan Provinsi di Indonesia Bakal Terdampak Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Hingga 17 Agustus, Berikut Daftarnya /
 

Berita KBB - Belasan provinsi di Indonesia diprediksi terdampak potensi cuaca ekstrem hujan lebat selama 11-17 Agustus 2023. Hal ini menurut laporan peringatan dini yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kamis 10 Agustus 2023.


Menurut laporan peringatan dini potensi cuaca ekstrem tersebut, selama 7 hari ke depan,  cuaca di wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara akan cenderung cerah berawan dan berawan.


Sementara wilayah Sumatra bagian utara, Kalimantan bagian utara, dan Sulawesi bagian tengah diprediksi mengalami hujan dengan intensitas ringan.

 

Baca Juga: Jadwal Trans Tv Sabtu 12 Agustus 2023 Tayang Exos Travel The World In Geoje & Tongye Film Bioskop The Marksman


Menurut BMKG, cuaca ekstrem kali ini dipengaruhi terbentuknya daerah perlambatan kecepatan angin di Samudra Hindia barat Sumatra Barat hingga Aceh, dari Jambi hingga Selat Malaka, dari Kalimantan Barat hingga Laut Natuna, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Timur, di Selat Makassar, dan dari Laut Halmahera hingga Laut Filipina.


Selain itu, BMKG juga mendeteksi daerah pertemuan angin di Laut Cina Selatan, Laut Banda, Laut Flores hingga Laut Jawa, Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara Timur hingga selatan Jawa, dan dari Laut Arafuru hingga Laut Aru.


Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah perlambatan dan pertemuan angin tersebut.


Berdasarkan temuan tersebut, BMKG memprediksi potensi hujan sedang hingga lebat terdapat di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat,Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Papua.


Selama kurun waktu tersebut, masyarakat diimbau agar waspada terhadap gejala cuaca ekstrem yang timbul berupa hujan lebat, hujan es atau angin puting beliung.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x