30 Link Twibbon Hari Pramuka Indonesia Keren Untuk Unggahan Media Sosial, Simak Cara Download dan Pasangnya!

- 14 Agustus 2023, 12:11 WIB
30 Link Twibbon Hari Pramuka Indonesia Keren Untuk Unggahan Media Sosial, Simak Cara Download dan Pasangnya!
30 Link Twibbon Hari Pramuka Indonesia Keren Untuk Unggahan Media Sosial, Simak Cara Download dan Pasangnya! /FREEPIK/@freepik
 

Berita KBB - Hari ini, Senin 14 Agustus 2023 diperingati di Indonesia sebagai Hari Pramuka Indonesia yang ke-62. Untuk menambah meriah peringatan lahirnya gerakan kepanduan di Tanah Air ini, berikut puluhan link Twibbon yang bisa diunduh untuk unggahan media sosial.


Sebelum mengunduh twibbon Hari Pramuka Indonesia, ada baiknya kita menyimak sejarah kepramukaan di Indonesia terlebih dulu.


Dilansir laman Pramuka.or.id, gerakan kepanduan di Indonesia dipelopori oleh S.P. Mangkunegara VII pada 1916 yang membentuk organisasi kepanduan yang bebas dari campur tangan Belanda, bernama Javaansche Padvinders Organisatie (JPO).

 

Baca Juga: Kerjasama Biogas Wangi dari LPPM ITB Dan Pemda KBB, Solusi Limbah Kohe Dan Bermanfaat Untuk Petani & Peternak


Organisasi kepanduan sempat dilarang pada masa pendudukan Jepang. Baru setelah Indonesia merdeka, sejumlah tokoh kepanduan Indonesia bertemu di Yogyakarta dalam kongres yang diadakan pada 27-29 September 1945 membentuk Pandu Rakyat Indonesia.


Singkat cerita, pada 14 Agustus 1961 Gerakan Pramuka disosialisasikan ke masyarakat setelah Presiden Soekarno menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keputusan Presiden Nomor 448 Tahun 1961.


Lambang Pramuka yang berupa tunas kelapa, disahkan dalam Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961. Kedudukan gerakan kepanduan Indonesia ini dikukuhkan dengan Tap MPRS No. II/MPRS/1960.


Demikianlah sejarah singkat lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia yang diperingati pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya.


Berikut ini Berita KBB himpun 30 link Twibbon Hari Pramuka Indonesia untuk memeriahkan hari lahir kepanduan Tanah Air di media sosial, lengkap dengan cara download dan menggunakannya.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: twibbonize.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x