Peringatan Cuaca Ekstrem, Hujan Sedang-Lebat Guyur Sumatra, Maluku dan Wilayah Lain Pada 18-24 Agustus 2023

- 19 Agustus 2023, 10:27 WIB
Peringatan Cuaca Ekstrem, Hujan Sedang-Lebat Guyur Sumatra, Maluku dan Wilayah Lain Pada 18-24 Agustus 2023
Peringatan Cuaca Ekstrem, Hujan Sedang-Lebat Guyur Sumatra, Maluku dan Wilayah Lain Pada 18-24 Agustus 2023 /
 

Berita KBB - Laporan peringatan dini cuaca ekstrem yang dirilis BMKG Kamis 17 Agustus 2023 menyebutkan cuaca di wilayah Sumatra, sebagian Kalimantan, sebagian Sulawesi, Maluku Utara, dan Papua akan diguyur hujan sedang hingga lebat selama 7 hari ke depan.

 

Menurut BMKG, cuaca ekstrem kali ini dipengaruhi terbentuknya daerah perlambatan kecepatan angin yang memanjang dari perairan barat Aceh hingga Selat Malaka, di Sumatra Utara, dari Bengkulu bagian utara hingga Sumatra Barat dan Riau, di Kalimantan Utara, di Sulawesi bagian tengah, di Papua dan di Papua Barat.

 

Selain itu, daerah pertemuan angin terpantau di perairan utara Aceh, di Laut Cina Selatan dan di Samudra Pasifik timur Filipina. Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah perlambatan dan pertemuan angin tersebut.

 

Baca Juga: Kepolisian Respons Rumor Penangkapan 3 Anggota Polri Diduga Berkaitan dengan Tersangka Teroris Karyawan KAI


Berdasarkan hal tersebut, BMKG memprediksi hujan sedang hingga lebat terjadi di Papua, Papua Barat, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Riau, Sumatra Barat, Sumatra Utara dan Aceh.


Selama kurun waktu tersebut, masyarakat diimbau agar waspada terhadap gejala cuaca ekstrem yang timbul berupa hujan lebat, hujan es atau angin puting beliung, serta dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan jalan licin.


Untuk selengkapnya, berikut daftar wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem hujan lebat selama 7 hari ke depan, mulai Jumat-Kamis 18-24 Agustus 2023. Perlu dicatat bahwa informasi berikut bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang timbul bisa saja berbeda.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x