Simak! Daftar Provinsi yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hujan Sedang-Lebat 29 Agustus - 4 September 2023

- 29 Agustus 2023, 14:11 WIB
Ilustrasi hujan ekstrem. Simak! Daftar Provinsi yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hujan Sedang-Lebat 29 Agustus - 4 September 2023
Ilustrasi hujan ekstrem. Simak! Daftar Provinsi yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hujan Sedang-Lebat 29 Agustus - 4 September 2023 /Pixabay/733215
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Senin 28 Agustus 2023 memperbarui sebaran wilayah yang berpeluang alami cuaca ekstrem hujan lebat dalam kurun 29 Agustus - 4 September 2023 mendatang.


Menurut laporan peringatan dini potensi cuaca ekstrem tersebut, pada sepekan ke depan sebagian wilayah Sumatra bagian utara dan barat, Kalimantan bagian utara, Sulawesi bagian utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua akan cenderung hujan sedang hingga lebat.


Potensi cuaca ekstrem ini dipengaruhi Siklon Tropis Saola yang berada di Laut Filipina dan menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot dan perlambatan angin yang memanjang dari Laut Cina Selatan dan Laut Sulu hingga Laut Filipina.

 

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Kucangkul Hatimu Dengan Cinta, Ada Ridwan Ghani dan Dahlia Poland, Tayang 14:30 WIB


Siklon Tropis Saola ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah tersebut.


BMKG juga memantau daerah perlambatan angin memanjang di Samudra Hindia barat Sumatra, dari Bengkulu hingga Selat Malaka, dari Kalimantan Utara hingga Laut Sulu, dari Laut Banda hingga Pulau Halmahera, dan dari Papua Nugini hingga Samudra Pasifik utara Papua Barat.


Adanya daerah perlambatan kecepatan angin ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah-daerah tersebut. 


Berdasarkan fakta yang ditemui, BMKG memprediksi potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.


Selama kurun waktu tersebut, masyarakat diimbau agar waspada terhadap gejala cuaca ekstrem yang timbul berupa hujan lebat, hujan es atau angin puting beliung dan dampak yang ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan jalan licin.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x