Hari Pamong Praja 8 September, Berikut Sejarah dan Kumpulan Link Twibbon Untuk Unggahan di WA dan Facebook

- 8 September 2023, 11:05 WIB
Ilustrasi, Sejarah Pamong Praja, 8 September
Ilustrasi, Sejarah Pamong Praja, 8 September /dok. ANTARA Foto/
 

Berita KBB - Ada 3 momentum yang diperingati pada Jumat 8 September 2023 hari ini, salah satunya adalah Hari Pamong Praja.


Untuk memeriahkan momentum yang besar dan penting khususnya bagi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ini, berikut ini pembahasan sejarah singkat Hari Pamong Praja 8 September berikut kumpulan link Twibbon untuk unggahan media sosial.


Dirangkum dari beragam sumber, sejarah Pamong Praja di Indonesia dapat ditarik ke belakang hingga ke masa kolonial Belanda. Pada saat itu, Pamong Praja dikenal dengan istilah Pangreh Praja.

 

Baca Juga: Link Streaming FTV ‘Mas Kambing Serudug Hati Cewek Red Flag’ di SCTV 8 September 2023 Berikut Daftar Pemain


Namun pada masa itu, Pangreh Praja memiliki citra yang buruk di mata masyarakat, karena mereka bekerja untuk pemerintah kolonial yang kejam sehingga dianggap sebagai pengkhianat bangsa.


Pasca penjajah angkat kaki dari Indonesia, Pangreh Praja terus melaksanakan tugas-tugas pemerintahan untuk kepentingan negara yang baru merdeka ini. Untuk menghapus citra negatif peninggalan masa kolonial, istilah Pangreh Praja diganti menjadi Pamong Praja.


Pamong Praja di Indonesia terus menuju ke arah yang lebih baik dengan didirikannya Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) di hampir setiap provinsi di Indonesia. Salah satu APDN didirikan pada 17 Maret 1956 di Malang, Jawa Timur dan diresmikan oleh Presiden Soekarno.


Puluhan tahun kemudian, pada 14 Agustus 1992 seluruh APDN di Indonesia dilebur jadi satu dan berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) yang berlokasi di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.


Kemudian pada era reformasi STPDN berganti nama menjadi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) seperti yang dikenal saat ini.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x