Hari Kopi Internasional dan Fakta-Fakta Menarik Kopi: Ditemukan oleh Kambing Hingga Disangka Minuman Setan

- 30 September 2023, 17:12 WIB
Berikut sejarah dan fakta-fakta menarik seputar kopi yang harus diketahui dalam rangka Hari Kopi Internasional 1 Oktober.
Berikut sejarah dan fakta-fakta menarik seputar kopi yang harus diketahui dalam rangka Hari Kopi Internasional 1 Oktober. /cocoparisienne/Pixabay

Berita KBB - Bagi penikmat kopi yang seakan wajib menyeruput minuman pahit ini di awal hari, ada 1 hari spesial untuk minuman yang diseduh dari bubuk biji yang beraroma harum ini, yakni Hari Kopi Internasional yang jatuh pada 1 Oktober.

 

Dalam rangka peringatan Hari Kopi Internasional 1 Oktober, berikut ini paparan singkat sejarah perjalanan panjang berabad-abad biji kopi menuju ke cangkir dan dinikmati setiap pagi hari berikut fakta-fakta menarik yang ada di dalamnya.

 

Dilansir dari laman National Today, beberapa catatan sejarah mengatakan bahwa kopi awalnya berasal dari Ethiopia, Afrika. Tanaman ini ditemukan pada sekitar tahun 700 SM secara tidak sengaja, ketika seorang penggembala bernama Kaldi melihat kambing-kambingnya tampak memakan semacam biji-bijian berwarna merah.

Baca Juga: Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023: Tema, Sejarah, dan Pedoman Upacara Peringatan Bagi Masyarakat

Kaldi kemudian berbagi pengalamannya melihat kambing memakan biji-bijian merah itu pada seorang biksu, yang membutuhkan sesuatu untuk tetap terjaga semalaman suntuk untuk berdoa.

 

Menurut versi lainnya, biksu itu menolak pemberian biji merah seperti yang dimakan kambing milik Kaldi dan melemparnya ke api unggun. Aroma harum kemudian timbul dari biji-biji yang terbakar itu.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x