Peringatan Cuaca Ekstrem: Hujan Sedang-Lebat Bayangi Seluruh Sumatra dan Daerah Lain Pada 10-16 Oktober 2023

- 10 Oktober 2023, 08:23 WIB
Peringatan Cuaca Ekstrem: Hujan Sedang-Lebat Bayangi Seluruh Sumatra dan Daerah Lain Pada 10-16 Oktober 2023
Peringatan Cuaca Ekstrem: Hujan Sedang-Lebat Bayangi Seluruh Sumatra dan Daerah Lain Pada 10-16 Oktober 2023 /
 

 

Berita KBB - Laporan peringatan dini cuaca ekstrem yang dirilis BMKG pada Senin 9 Oktober 2023 mengungkap bahwa dalam kurun 10-16 Oktober 2023, hampir seluruh wilayah Sumatra, Kalimantan, sebagian Sulawesi, Maluku dan Papua berpotensi hujan sedang hingga lebat.

 

Terkait penyebab kondisi cuaca ekstrem ini, BMKG memaparkan pantauan sirkulasi siklonik di Laut Filipina sebelah utara Papua, yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin memanjang dari Laut Sulawesi, perairan utara Maluku Utara, hingga Laut Filipina.

 

Di tempat lainnya, BMKG menemukan daerah konvergensi di Laut Andaman, dari Selat Malaka, Kepulauan Riau hingga Riau, dari Bangka Belitung, Lampung, hingga Bengkulu, di Jawa Barat, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tengah, di perairan utara Sulawesi Utara, dan di Papua bagian tengah.

 

Baca Juga: ASN Kota Bandung Gelar Salat Istisqa Berjamaah

 

Sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang wilayah-wilayah tersebut..

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x