Siklon Tropis Sanba Berpotensi Menguat, Berikut Daftar Provinsi yang Terdampak Cuaca Ekstrem Hingga 26 Oktober

- 20 Oktober 2023, 15:33 WIB
Siklon Tropis Sanba Berpotensi Menguat, Berikut Daftar Provinsi yang Terdampak Cuaca Ekstrem Hingga 26 Oktober
Siklon Tropis Sanba Berpotensi Menguat, Berikut Daftar Provinsi yang Terdampak Cuaca Ekstrem Hingga 26 Oktober /Anggun Nugraha/Image: Pariwisata Batam
 

Berita KBB - Melintasnya Siklon Tropis Sanba di utara Indonesia berpengaruh terhadap prospek cuaca sepekan ke depan, di mana terdapat potensi cuaca ekstrem hujan lebat di sejumlah provinsi di Indonesia.


Menurut laporan peringatan cuaca ekstrem yang dikeluarkan BMKG Kamis kemarin, dalam kurun 20-26 Oktober 2023, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di hampir seluruh Sumatra, Kalimantan, sebagian Sulawesi, dan sebagian Papua.


Diberitakan sebelumnya, wilayah Indonesia dilewati Siklon Tropis Sanba di sekitar Beibu Gulf sebelah utara Natuna. Siklon Tropis ini bergerak ke utara-timur laut dengan kecepatan angin maksimum 35 knots (65 km/jam), tekanan udara minimum 1002 hPa dan berpotensi meningkat intensitasnya.

 

Baca Juga: Jadwal Indosiar 20 Oktober 2023, Ada BRI Liga 1 PSM Makassar vs Arema FC dan Mega Film Asia Casino Raiders


Siklon Tropis Sanba membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di Malaysia bagian utara, Teluk Thailand Teluk hingga Laut China Selatan. 


Di wilayah Indonesia, daerah konvergensi serupa terpantau di sepanjang pesisir barat Aceh hingga Sumatra Utara, dari Lampung, Bengkulu, hingga Sumatra Barat, dari Selat Makassar, Kalimantan Tengah, hingga Kalimantan Barat, dan dari Papua bagian tengah hingga Papua Barat.


Daerah konvergensi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang wilayah-wilayah tersebut.


Berdasarkan pantauan di atas, BMKG memperkirakan hujan sedang hingga lebat selama 7 hari ke depan berpotensi terjadi di provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah,Kalimantan Timur, Papua Barat, dan Papua.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x