Siap-Siap Nih Warga Jakarta di Bantaran Ciliwung Hadapi Kiriman air Dari Hulu

- 22 September 2020, 00:23 WIB
andung Katulampa Kota Bogor (ANTARA/HO/Petugas Jaga Katulampa)
andung Katulampa Kota Bogor (ANTARA/HO/Petugas Jaga Katulampa) /

 

 

BERITA KBB- Warga DKI Jakarta yang tinggal  di bantaran sungai Ciliwung agar bersiap menghadapi air kiriman dari kawasan hulu. Demikian yang dikatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat dimintai keterangannya mengenai kondisi Bendungan Katulampa, Bogor yang sempat dalam posisi Siaga I.

"Itu artinya ada volume air dari kawasan pegunungan yang akan datang ke Jakarta. Jadi pada malam hari ini sejak Maghrib tadi, seluruh jajaran yang kawasan-kawasannya berada di tepi sungai Ciliwung sudah langsung melakukan pemberitahuan kepada masyarakat untuk siaga," kata Anies di Pintu Air Manggarai Jakarta, Senin (21/9/2020) seperti yang dikutip dari Antara.

Hal tersebut lantaran diperkirakan dalam waktu sembilan hingga sepuluh jam air dari kawasan pegunungan akan tiba di Jakarta atau sekitar pukul 02:00-04:00 WIB.

"Saat ini pintu air di Depok sudah menunjukkan peningkatan. Dan itu artinya kira-kira 5-6 jam lagi sampai di Jakarta, jadi malam hari ini seluruh kawasan yang di tepi sungai Ciliwung bersiaga," ucapnya.

Baca Juga: Video Walikota Bogor Bima Arya Ingatkan DKI Agar Tetap Waspada Karena Bendungan Katulampa Siaga 1!

Saat ini, Anies menyebut dirinya sudah memerintahkan jajaran untuk melakukan antisipasi bersama masyarakat menyiapkan tempat-tempat penampungan apabila sampai terkena banjir; hingga pemantauan debit air seperti yang dilakukannya di Manggarai.

"Tim dari Dinas Sumber Daya Air sudah mengatur pintu-pintu air di Jakarta agar aliran air dari hulu itu bisa berjalan dengan baik tanpa ada kendala. Jadi pintu-pintu air semuanya dikendalikan supaya nanti bisa aman ke Jakarta-nya. Dan kebetulan pada malam hari ini, permukaan air laut posisinya turun, mudah-mudahan itu akan membantu menghindari Jakarta dari banjir," ucapnya.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x