Sambo Perintahkan Arif Rachman Musnahkan Rekaman CCTV, Hakim: Harusnya Tolak Perintah FS!

- 27 Februari 2023, 14:16 WIB
Sambo Perintahkan Arif Rachman Musnahkan Rekaman CCTV, Hakim: Harusnya Tolak Perintah FS!
Sambo Perintahkan Arif Rachman Musnahkan Rekaman CCTV, Hakim: Harusnya Tolak Perintah FS! /
 
BERITA KBB - Hakim anggota, Hendra Yuristiyawan, menilai terdakwa Arif Rachman seharusnya menolak perintah eks Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo, untuk menghapus dan memusnahkan rekaman CCTV di Duren Tiga, Jakarta Selatan.
 
Hakim menilai, perintah itu merupakan perintah pribadi bukan perintah jabatan atau kedinasan yang tidak ditindaklanjuti secara prosedural sesuai mekanisme yang berlaku di Polri.
 
Selain itu, majelis hakim mengatakan adanya rentan waktu yang panjang dan pengalaman kerja Arif untuk menolak perintah pribadi Sambo.
 
“Sebagai anggota bahkan pejabat kepolisian seharusnya terdakwa memiliki daya kesempatan untuk berpikir dan mempertimbangkan untuk menolak dan tidak melaksanakan perintah Ferdy Sambo,” ujar hakim saat membacakan pertimbangan vonis Arif di PN Jaksel pada Kamis 23 Februari 2023.
 
 
Namun yang dilakukan Arif adalah memilih mengikuti perintah pribadi Ferdy Sambo. Hal itu dinilai hakim sebagai persamaan niat atau meeting of mind.
 
“Menimbang bahwa dari alat bukti keterangan saksi Ferdy Sambo dan terdakwa dalam persidangan penyampaian perintah saksi berupa kata - kata hapus dan rusak CCTV tersebut yang diikuti dengan kata - kata di mana menurut penilaian dan pemahaman terdakwa bermakna ancaman 'Kalau sampai bocor berarti dari kalian berempat yang bertanggung jawab',” ujar hakim.
 
Maka majelis hakim berpendapat dan menilai bahwa jenis kalimat yang bernada dan bermakna perintah ada pada kata-kata ‘hapus dan rusak CCTV’ tersebut.
 
 
“Sedangkan kata - kata ‘Kalau sampai bocor berarti dari kalian berempat yang bertanggung jawab’ menurut penilaian dan pendapat majelis hakim bukanlah suatu kata - kata yang bermakna kalimat perintah. Sehingga kata - kata yang diucapkan saksi kepada terdakwa tersebut harus dipisahkan maknanya,” ujar hakim.
 
Walaupun diucapkan dalam waktu bersamaan yaitu kata - kata ‘hapus dan rusak CCTV’ tersebut sebagai kalimat perintahnya dan kata - kata ‘kalau sampai bocor berarti dari kalian berempat yang bertanggung jawab’, bukanlah sebagai kalimat perintah.
 
“Menimbang bahwa terhadap pernyataan terdakwa dalam nota pembelaan pribadi terdakwa yang menyatakan pada intinya tidak mudah bagi terdakwa untuk begitu saja menolak dan mengabaikan perintah dari saksi yang pada saat itu atasan dari terdakwa,” ujar hakim.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x