Ramai-Ramai Camaba UB Mengundurkan Diri, Berikut Sejarah-Lulusan Sukses Dari Universitas Brawijaya

- 28 Juli 2023, 13:06 WIB
Ramai-Ramai Camaba UB Mengundurkan Diri, Berikut Sejarah-Lulusan Sukses Dari Universitas Brawijaya
Ramai-Ramai Camaba UB Mengundurkan Diri, Berikut Sejarah-Lulusan Sukses Dari Universitas Brawijaya /iup.feb.ub.ac.id/
 

Berita KBB- Universitas Brawijaya kini menjadi perguruan tinggi di Kota Malang yang ramai menjadi perbincangan. Namanya bahkan mengisi daftar favorit pencarian. Hal ini, lantaran tidak sedikit mahasiswanya yang mengundurkan diri setelah Universitas Brawijaya menerimanya menjadi bagian dari kampus ini.

Universitas Brawijaya sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi negeri top di kota Malang. Universitas ini didirikan pada tahun 1963, melalui ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan no. 1 tanggal 5 Januari 1963. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai Dies Natalies UB.

Pada tahun ini jumlah calon mahasiswa baru yang mengundurkan diri dari UB berkisar di angka 500-an. Kendati calon mahasiswa baru yang tidak daftar ulang dianggap mengundurkan diri, beberapa alasan yang diketahui pihak Universitas Brawijaya ialah sebagian calon mahasiswa itu sudah diterima di kedinasan.

Baca Juga: Pernah Tangani PSM Makassar, Testimoni Ezra Walian Soal Pelatih Baru Persib: Bojan Hodak Baik Dan Bagus

Sejarah Universitas Brawijaya

Sebelum menjadi perguruan tinggi negeri top seperti halnya saat ini, Universitas Brawijaya semula berstatus swasta dengan embrio sejak tahun 1957. Yaitu berupa Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi yang merupakan cabang dari Universitas Swasta Sawerigading, Makasar. Kedua fakultas ini perkembangannya tampak kurang menggembirakan. Hal itu menimbulkan keresahan tersendiri di kalangan mahasiswa.

Butuh proses yang tidak singkat hingga akhirnya Surat Keputusan Menteri PTIP tentang penegerian itu telah dikukuhkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 196 Tahun 1963 yang berlaku sejak tanggal 5 Januari 1963. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari lahir (Dies Natalis) Universitas Brawijaya

Daftar Alumni Universitas Brawijaya

1.     Ovi Dian

Presenter dan runner up Miss Indonesia 2012 ini memiliki nama lengkap Ovi Dian Aryani Putri. Dirinya juga merupakan lulusan Universitas Brawijaya, program studi Psikologi.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x