Minat Baca di Indonesia: Fakta, Faktor, dan Cara Meningkatkannya

- 13 September 2023, 22:12 WIB
Minat Baca di Indonesia: Fakta, Faktor, dan Cara Meningkatkannya
Minat Baca di Indonesia: Fakta, Faktor, dan Cara Meningkatkannya / Pixabay /White77

 

BERITA KBB - Minat baca adalah keinginan atau kesukaan seseorang untuk membaca sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya. Minat baca merupakan salah satu aspek penting dalam literasi, yaitu kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi tertulis secara efektif. Minat baca juga berpengaruh terhadap perkembangan intelektual, sosial, dan emosional seseorang.

 

Fakta Minat Baca di Indonesia

Sayangnya, minat baca di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Berdasarkan data UNESCO, tingkat literasi Indonesia hanya 0,001%, artinya dari 1.000 orang Indonesia, hanya satu orang yang rajin membaca. Data ini juga menempatkan Indonesia di urutan ke-60 dari 61 negara soal minat baca.

Selain itu, berdasarkan data Perpustakaan Nasional (Perpusnas), tingkat kegemaran membaca (TGM) masyarakat Indonesia sebesar 63,9 poin pada 2022. Skor tersebut meningkat 7,4% dibandingkan setahun sebelumnya yang sebesar 59,52 poin. Namun, skor tersebut masih jauh dari target nasional yang sebesar 80 poin.

 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Baca di Indonesia

Rendahnya minat baca di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Beberapa faktor internal yang mempengaruhi minat baca adalah:

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x