Siswa SD 1 Darul Hikam Bandung Hapal Alquran 15 Juz, Ini Metode yang Diterapkan di Sekolah!

- 20 Juni 2024, 21:32 WIB
Wisuda Tahfizh Alquran Angkatan ke - 8 dan Pagelaran Akhir Tahun serta Pembagian Rapor SD Darul Hikam Tahun Ajaran 2023-2024, di Bale Asri Pusdai.
Wisuda Tahfizh Alquran Angkatan ke - 8 dan Pagelaran Akhir Tahun serta Pembagian Rapor SD Darul Hikam Tahun Ajaran 2023-2024, di Bale Asri Pusdai. /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Menjaga dan memperbanyak hapalan Al-quran terlebih untuk anak-anak bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya rajin murojaah.

Namun, selain itu ada beberapa metode yang bisa dilakukan seperti yang diterapkan oleh SD 1 Darul Hikam Bandung.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Sekolah SD 1 Darul Hikam Bandung Ruri Sundari disela-sela acara Wisuda Tahfizh Alquran Angkatan ke - 8 dan Pagelaran Akhir Tahun serta Pembagian Rapor SD Darul Hikam Tahun Ajaran 2023-2024, di Bale Asri Pusdai.

Baca Juga: Pahami Esensi Kurban, Siswa SMP Darul Hikam Lakukan Ini!

"Selain murojaah sebetulnya ada beberapa metode di Darul Hikam untuk meningkatkan serta menjaga hapalan Al-quran untuk anak-anak," katanya, Kamis, 20 Juni 2024.

Ruri menjelaskan tips yang pertama yaitu harus memotivasi siswa meluruskan niatnya, karena hapalan itu bukan suatu yang mudah dan gampang hilang.

"Hapalan itu akan naik turun juga, untuk menjaganya salah satunya bisa memotivasi dan memberikan penguatan diluar jam pembelajaran. Guru diberikan kebiasaan memberikan pelayanan diluar jam pelajaran dengan mendampingi anak-anak melakukan murojaah," tambah Ruri.

Baca Juga: Sarat Akan Prestasi, Darul Hikam Lepas Ratusan Alumni Membanggakan!

Metode lainnya tambah Ruri adalah menumbuhkan lingkungan sekolah yang benar-benar mencintai Alquran.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah