Pendistribusian dan Penyimpanan Vaksin Covid-19 dari Pemprov Jabar ke 7 Daerah Sesuai Standar SOP

- 14 Januari 2021, 11:41 WIB
Antrean tenaga medis dari puskesmas saat akan melakukan pengambilan vaksin Covid-19 di Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jalan Supratman, Rabu, 13 Januari 2021.
Antrean tenaga medis dari puskesmas saat akan melakukan pengambilan vaksin Covid-19 di Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jalan Supratman, Rabu, 13 Januari 2021. /Pikiran-rakyat/Armin Abdul Jabbar/

BERITA KBB - Pendistribusian vaksin COVID-19 dari Provinsi Jawa Barat (Jabar) ke tujuh daerah dilakukan sesuai standar prosedur operasional (SOP) Kementerian Kesehatan serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pun demikian dengan penyimpanan vaksin COVID-19.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jabar Dewi Sartika mengatakan, proses distribusi vaksin COVID-19 untuk vaksinasi tahap I termin I di tujuh daerah sudah rampung.

"Sore hari ini sudah dikirim ke rumah sakit, klinik, puskesmas, dan fasilitas kesehatan (faskes) pelayanan vaksinasi COVID-19," kata Dewi saat menghadiri video conference bersama kabupaten/kota penerima vaksin COVID-19 di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu 13 Januari 2021.

Baca Juga: Sikapi Kebijakan Whatsapp, Pengguna Harus Melek Teknologi Perlindungan Data Sangat Penting

Adapun tujuh daerah tersebut yakni Kota Bandung (25.000 dosis), Kota Cimahi (3.880 dosis), Kota Bekasi (14.060 dosis), Kota Depok (11.140 dosis), Kota Bogor (9.160 dosis), Kabupaten Bandung (7.560 dosis), dan Kabupaten Bandung Barat (3.960 dosis).

Dewi menjelaskan, vaksin COVID-19 ada yang didistribusikan langsung oleh provinsi ke kabupaten/kota, ada juga kabupaten/kota yang mengambil sesuai jadwal pengambilan dan alokasi.

Vaksin COVID-19 didistribusikan menggunakan kendaraan berpendingin cold box atau vaccine carrier.

Baca Juga: Tayang Sekarang! Arya Saloka dan Nikita Willy di FTV Pembantu Cantik Gagal Mudik, Berikut Sinopsis

"Vaksin disimpan dalam cold room, vaccine refrigerator, atau penyimpanan vaksin lain sesuai jenis vaksin pada suhu yang direkomendasikan sebelum didistribusikan ke faskes," ucapnya.

"Kabupaten/kota akan mendistribusikan vaksin dan logistik lainnya ke rumah sakit, puskesmas, dan pos pelayanan vaksinasi dengan menggunakan mobil box atau puskesmas keliling. Vaksin ditempatkan pada vaccine carrier disertai cool pack," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x