Satu Tahun Covid-19: Ikhtiar Jabar Kendalikan Pandemi Belum Usai

- 3 Maret 2021, 08:40 WIB
Seorang lansia divaksinasi Covid-19
Seorang lansia divaksinasi Covid-19 /Pikiran Rakyat/

BERITA KBB - Kasus perdana COVID-19 di Jawa Barat (Jabar) diumumkan pada 2 Maret 2020. Ketika itu, Presiden RI Joko Widodo melaporkan dua warga Kota Depok terkonfirmasi positif COVID-19.

Sejak itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar berjuang keras, dan mengambil berbagai terobosan untuk menangani krisis kesehatan dan ekonomi yang timbul akibat pandemi COVID-19.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil selalu menekankan bahwa Pemda Provinsi Jabar memegang prinsip proaktif, transparan, ilmiah, inovatif, dan kolaboratif, dalam penanganan COVID-19.

Baca Juga: Puskesos Kota Bandung Atasi Berbagai Permasalah Sosial

"Kami selaku pemimpin sudah berjuang lahir batin. Semua jurus dikeluarkan tetapi kita harus tetap ikhtiar," kata Emil di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa, 2 Maret 2021.

Untuk mengerem laju penularan, Pemda Provinsi Jabar menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Kawasan Bodebek (Bogor-Depok-Bekasi) dan Bandung Raya mendapat perhatian khusus karena penularan COVID-19 tergolong tinggi.

Pembatasan tersebut disertai dengan peningkatan kapasitas pengetesan COVID-19, baik di Laboratorium Kesehatan Jabar maupun laboratorium satelit yang tersebar di semua daerah Jabar. Hal ini dilakukan untuk melacak keberadaan dan membatasi ruang gerak SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19.

Baca Juga: Dispangtan Ajak Warga Giatkan Tanam Sayuran di Pekarangan Rumah

Selain itu, Emil memutuskan dilakukan penyaluran dana bantuan jaring pengaman sosial kepada masyarakat terdampak gejolak ekonomi akibat pandemi saat PSBB berlangsung. Kebijakan ini mendapat persetujuan DPRD Jabar dengan melakukan penggeseran dan realokasi APBD 2020 untuk penanganan COVID-19.

Tidak hanya itu, pada 10 Agustus 2020, Kang Emil mengajukan diri menjadi “kelinci percobaan” sebagai relawan uji klinis fase tiga vaksin CoronaVac di Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x