Gubernur Jabar Tekankan Pentingnya Data dalam Tangani Pandemi Covid-19

- 28 Maret 2021, 22:04 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri acara Data Science Weekend (DSW) via konferensi video di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu 28 Maret 2021.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri acara Data Science Weekend (DSW) via konferensi video di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu 28 Maret 2021. /Humas Jabar/Rizal/

BERITA KBB - Kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) dalam menangani pandemi COVID-19 selalu berlandaskan data yang komprehensif. Tujuannya supaya kebijakan yang diambil efektif dan efisien.

Hal itu dikatakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri acara Data Science Weekend (DSW) via konferensi video di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu 28 Maret 2021.

"Semua urusan COVID-19 harus berbasis ilmiah dari data driven design decision making. Makanya, ada tim ahli epidemiologi, tim ahli ekonomi, tim statistik, dan tim infografis," kata Emil. 

Baca Juga: Gubernur Jabar Ridwan Kamil Kutuk Bom Bunuh Diri Makassar

"Tanpa data yang baik, keputusan yang diambil tidak berkualitas. Dengan data yang baik, keputusan pun akan berkualitas," imbuhnya.

Emil menuturkan, Pemda Provinsi Jabar meluncurkan Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jabar) sebagai pusat data penanganan pandemi COVID-19. Mulai dari data kasus terkonfirmasi COVID-19 sampai peta persebaran SARS-CoV-2.

"Pikobar sudah banyak mendapatkan penghargaan karena keakuratan dan kelengkapan data (dalam penanganan COVID-19)," tuturnya.

Baca Juga: Tanggapi Ledakan di Gereja Katedral Makassar, Christ Wamea: Tidak Ada Kaitannya dengan Agama Apapun

Dalam acara tersebut, Emil pun memaparkan lima prinsip yang dipegang teguh Pemda Provinsi Jabar dalam menangani pandemi COVID-19.

"Pertama Jawa Barat itu harus selalu proaktif dalam mengambil keputusan. Seperti melakukan tes secara masif dan mengeluarkan istilah Adaptasi Kebiasaan Baru," ucapnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x