DKPP Kota Bandung Latih 780 Petugas Kurban

- 30 Juni 2022, 19:39 WIB
Idul Adha 2022: Vaksinasi Ternak Terus Dilakukan, Pemkot Bandung Pastikan Semua Hewan Kurban Layak Dibeli
Idul Adha 2022: Vaksinasi Ternak Terus Dilakukan, Pemkot Bandung Pastikan Semua Hewan Kurban Layak Dibeli /bandung.go.id

 

BERITA KBB - Jelang Iduladha yang jatuh pada 10 Juli 2022, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung melatih 780 petugas Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban di masjidnya.

Melalui kegiatan ini, para petugas DKM dilatih cara memotong hewan kurban yang benar dan memilih daging yang baik.

Tak hanya itu, Kepala Bidang Keamanan Pangan DKPP Kota Bandung, drh. Ermariah menyebutkan, sebanyak 157 petugas dari DKPP akan turun langsung ke lapangan pada hari raya Iduladha sampai hari tasyrik untuk memeriksa postmortem atau pascapenyembelihan.

Baca Juga: Kesigapan Pemkot Bandung Tangani PMK Diapresiasi Penjual Hewan Kurban

"Selama empat hari, ada 91 petugas ASN dan 66 petugas non-ASN yang menyebar ke 30 kecamatan di Kota Bandung untuk memeriksa postmortem hewan kurban. Kita akan usahakan sebanyak mungkin untuk keliling memeriksa lokasi-lokasi penyembelihan hewan kurban," ujar Erma, Kamis, 30 Juni 2022.

Ia menambahkan, lokasi yang akan diprioritaskan untuk pemeriksaan postmortem adalah tempat yang memotong lebih banyak hewan kurban seperti masjid besar.

"Kita dahulukan lokasi yang memotong lebih banyak, biasanya di masjid besar seperti Masih Raya Bandung dan Masjid Al Ukhuwah," ucapnya.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Dia Adab Atau Tatacara Menyembelih Hewan Kurban!

Erma mengatakan, untuk menentukan layak atau tidaknya daging dikonsumsi, perlu melihat dari pemeriksaan sebelum dipotong atau antemortem. Setelah itu baru dilihat dari proses penyembelihannya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x