Sprinkler Warga Diskar PB Kota Bandung Nomine Inovasi Tingkat Jabar

- 19 Oktober 2022, 16:51 WIB
Petugas membantu seorang anak menggunakan seragamnya,  di kantor Diskar PB Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Rabu 19 Oktober 2022.
Petugas membantu seorang anak menggunakan seragamnya, di kantor Diskar PB Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Rabu 19 Oktober 2022. /Adpim Kota Bandung/

 

BERITA KBB - Sprinkler Warga karya Cecep Rustiana sebagai Analis Kebakaran Ahli Muda pada Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung masuk 10 besar nominasi para perlehatan PNS Berprestasi, Inovatif dan Future Leader tingkat Provinsi Jawa Barat.

Sprinkler Warga merupakan pemanfaatan dan optimalisasi air di pemukiman sebagai sarana pemadaman dalam upaya pengurangan resiko kerugian kebakaran.

Alat ini mampu menjangkau perlindungan kurang lebih 25 rumah dan 100 jiwa. Dengan jangkauan area seluas 0,75 Ha.

Baca Juga: Akselerasi Bidang Kesehatan, Pemkot Bandung Butuh Dukungan FBS

"Awal penelitian tahun 2019 kemudian berkembang sampai saat ini. Gagasannya dari kondisi kebakaran terjadi potensinya tiap kota itu ada. Saya berfikir bahwa kejadian kebakaran itu pasti memanggil pemadam dan menunggu pemadam kebakaran membawa air, sementara potensi air di pemukiman banyak," katanya saat ditemui di kantor Diskar PB Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Rabu 19 Oktober 2022.

Ia menerangkan, Sprinkler Warga sebagai manajemen air yang digunakan untuk keadaan darurat. Sehingga warga bisa menggunakan ketika menunggu pemadam datang.

"Manajemen air digunakan bisa bermanfaat saat darurat. Proses pemadaman bukan banyaknya air tapi tekanan dan laju air. Keukinkan itu desain menggunakan sepeda motor dengan perputaran tenaga ban untuk mengeluarkan air," bebernya.

Baca Juga: Siap-Siap ARMY! Jin BTS Akan Rilis Lagu Baru Bertajuk The Astronaut, Single Kolaborasi Bersama Coldplay

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x