Tinjau Pedestrian, Sekda: Aspek Ruang dan Estetika Kota Bandung Harus lebih Baik!

- 1 Desember 2023, 16:55 WIB
Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna berpesan, khususnya kepada jajaran OPD Pemkot Bandung untuk sama-sama meningkatkan kualitas aspek ruang dan estetika.
Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna berpesan, khususnya kepada jajaran OPD Pemkot Bandung untuk sama-sama meningkatkan kualitas aspek ruang dan estetika. /Istimewa /

BERITA KBB - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya menghadirkan Bandung sebagai kota yang nyaman. Salah satu aspek yang menjadi perhatian adalah tata ruang.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna berpesan, khususnya kepada jajaran OPD Pemkot Bandung untuk sama-sama meningkatkan kualitas aspek ruang dan estetika.

Sebagai contoh, Ema menggambarkan kawasan Jalan Ir. H Djuanda (Dago), Jalan Tamansari, serta Jalan Cihampelas yang terus berproses menjadi kawasan yang nyaman.

Baca Juga: Atasi Potensi Banjir, Pemkot Bandung Siapkan lagi Kolam Retensi di Margahayu Raya

“Aspek ruang dan estetika di kawasan ini perlu diperbaiki. Kami melihat di Jalan Dago, di sana kabel fiber sudah dipindahkan ke bawah. JPO juga sudah tidak ada, trotoar bisa dinikmati oleh pejalan kaki. Ini salah satu contoh di mana ruang gerak menjadi lebar dan tentunya menghadirkan kenyamanan,” ujar Ema saat meninjau beberapa kawasan di Kota Bandung, Jumat 1 Desember 2023.

Ia memberi beberapa catatan pada kawasan-kawasan tersebut. Seperti misalnya di kawasan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Gelap Nyawang ITB.

Meski penataan sedang berproses, Ema berharap bukan hanya PKL di sini saja yang ditata. Melainkan juga penataan parkir. Hal ini menurutnya perlu dilakukan agar ruang-ruang gerak di kawasan ini kembali lenggang.

Baca Juga: Pemkot Bandung Berkomitmen Jaga Pohon Pule di Kawasan Jalan Sudirman

Selanjutnya, di kawasan Jalan Tamansari, Ema meminta trotoar di kawasan ini tidak digunakan sebagai lahan parkir. Ia dengan tegas melarang seluruh trotoar digunakan sebagai lahan parkir.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x