Dinkes Kota Bandung Bergerak Cepat Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Korban Banjir Braga

- 13 Januari 2024, 22:12 WIB
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menyiagakan sebanyak 80 tenaga kesehatan, ambulans serta mendirikan posko kesehatan guna memberikan pelayanan gratis bagi warga yang terdampak banjir di Kelurahan Braga.
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menyiagakan sebanyak 80 tenaga kesehatan, ambulans serta mendirikan posko kesehatan guna memberikan pelayanan gratis bagi warga yang terdampak banjir di Kelurahan Braga. /istimewa/

BERITA KBB - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menyiagakan sebanyak 80 tenaga kesehatan, ambulans serta mendirikan posko kesehatan guna memberikan pelayanan gratis bagi warga yang terdampak banjir di Kelurahan Braga.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Anhar Hadian mengatakan, tenaga kesehatan telah melakukan pelayanan kesehatan bagi warga sesaat setelah banjir terjadi pada Kamis, 11 Januari 2024 malam lalu.

"Kita siagakan ambulans. Kita juga menyiapkan posko kesehatan di Sampono (toko parfum di Jalan Braga). Insyaallah untuk obat-obatan dan peralatan semua lengkap. Kita akan buka posko sampai hari Senin," kata Anhar di lokasi banjir Braga, Sabtu 13 Desember 2024.

Baca Juga: Pemkot Bandung Segera Bantu Perbaiki Rumah Warga yang Rusak Akibat Banjir Braga

Ia memastikan, para petugas di posko kesehatan berjaga selama 24 jam yang terbagi dalam 3 sif. Jumlah seluruh tenaga kesehatan yakni 80 orang.

"Biasanya kasus-kasus gangguan kesehatan muncul beberapa hari setelah kejadian, mereka baru merasakan penurunan kesehatan. Kita standby terus dan kalau diperlukan, kita perpanjang," ujarnya.

"Tiap kali tugas minimal 4 orang, satu hari 3 sif, total ada 70-80 orang ditambah yang turun ke lapangan sekitar 10 orang tergantung situasi," imbuhnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan, posko kesehatan Dinkes telah melayani 158 pasien selama 3 hari. Sebanyak 2 pasien dirujuk ke rumah sakit akibat tertusuk paku dan tergigit ular.

Baca Juga: Pemkot Bandung Bersihkan Lokasi Banjir Braga Bareng Warga dan Relawan

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x