Parah! Honorer Hingga Anggota TNI di Cimahi Dicatut Sebagai Anggota Parpol

- 15 September 2022, 23:27 WIB
Masukan NIK di KTP ke dalam kotak. Parah! Honorer Hingga Anggota TNI di Cimahi Dicatut Sebagai Anggota Parpol
Masukan NIK di KTP ke dalam kotak. Parah! Honorer Hingga Anggota TNI di Cimahi Dicatut Sebagai Anggota Parpol /KPU/

Berita KBB - Pencatutan nama oleh partai politik (parpol) terjadi di Kota Cimahi. Ada 9 warga yang dicatut namanya untuk menjadi anggota parpol yang didaftarkan ke KPU.

Adanya warga yang dicatut namanya sebagai anggota parpol itu tercatat dalam laporan yang diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) ada 6 orang dan yang diterima Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cimahi ada 3 orang.

"Pengaduan yang diterima oleh KPU Cimahi 6 orang yang terdaftar sebagai anggota partai politik padahal mereka tidak merasa menjadi anggota parpol," ungkap Irman pada Kamis, 15 September 2022.

Baca Juga: Berkat TikTok, Keberadaan TKI Asal Bandung Barat yang Hilang Kontak 13 Tahun Akhirnya Ditemukan

Dari 6 nama yang melaporkan ke KPU, ada seorang yang merupakan prajurit TNI yang namanya dicatut oleh partai politik. Namun yang bersangkutan sudah melakukan klafirikasi dan menegaskan tidak pernah mendaftar menjadi anggota Parpol.

"Dari TNI satu orang sudah klarifikasi. Yang lainya masyarakat. Ada yang pernah berpartai tapi sekarang sudah tidak jadi anggota parpol, tapi datanya tercatat di SIPOL," terang Irman.

Irman mengatakan, setelah warga yang dicatut namanya itu melakukan klarifikasi dan mengisi form tanggapan, selanjutnya akan dibuatkan berita acara dan meminta partai yang bersangkutan untuk menghapus nama-nama tersebut lewat SIPOL.

Baca Juga: Dampak Perubahan Iklim Bakal Segila COVID-19, Sri Mulyani: Pemerintah Kini Butuh Banyak Bantuan!

"Dihapus oleh partai di tingkat pusat (DPP) setelah dipertemukan di kantor KPU Cimahi, pengurus partai secara berjenjang akan melaporkan ke DPW (provinsi) diteruskan ke DPP (pusat)," jelas Irman.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x