Mantan Pimpinan Komisi II DPR RI Eka Santosa : Mutasi dan Rotasi Jabatan ASN di KBB Hak Prerogatif Bupati

- 2 September 2023, 12:31 WIB
Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan bersama Mantan Pimpinan Komisi II DPR RI Eka Santosa (baju hitam)
Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan bersama Mantan Pimpinan Komisi II DPR RI Eka Santosa (baju hitam) /

BERITA KBB- Mantan Pimpinan Komisi II DPR RI sekaligus Legislator yang membidani lahirnya Kabupaten Bandung Barat Eka Santosa berkomentar tentang polemik Pansus rotasi dan mutasi pejabat di lingkungan ASN yang dibentuk DPRD KBB. Menurut Eka, pembentukan Pansus oleh DPRD KBB terkait rotasi dan mutasi ASN sangat tidak tepat.

Bahkan, kata Eka, pembentukan Pansus oleh DPRD KBB ini terkesan mencampuri urusan dapur Kepala Daerah Bupati KBB Hengki Kurniawan. Sebab, Hengki sendiri mengakui bahwa ada anggota DPRD KBB yang sengaja menitipkan ASN untuk mendapatkan promosi jabatan.

"Ingat mutasi dan rotasi jabatan eksekutif ASN sepenuhnya wewenang dan tanggungjawab pimpinan eksekutif. Dalam hal ini adalah Bupati KBB," ucap Eka Santosa kepada Berita KBB Sabtu 2 September 2023.

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain Ftv Mas Car Wash Tidak Ramah Bintang 1 Sabtu 2 September 2023 Pukul 14.30 WIB

Eka menilai, pembentukan Pansus mutasi dan rotasi yang kemudian membawa nama rakyat tentunya sangat miris. Sebab, DPRD KBB terkesan membenturkan rakyat dengan kepala daerahnya.

Menurut Eka, Kepala daerah tentunya tahu siapa yang layak untuk menempati suatu jabatan. Itu karena, rotasi dan mutasi suatu daerah sudah berdasarkan penilaian dan kinerja.

"Rotasi dan mutasi ASN tidak bisa diintervensi oleh siapapun termasuk DPRD. Wewenang DPRD salah satunya mengawasi jalannya pemerintahan saja termasuk hak budgeting. Tapi tidak disertai ikut campur atau intervensi," tuturnya.

Baca Juga: Profil Ikram Rosadi Calon Suami Larissa Chou Yang Ternyata Punya Jabatan Ini...

Dengan demikian, kata dia, kehadiran Pansus DPRD tentang mutasi dan rotasi ASN ibarat tembakan angin alias tembakan tanpa peluru.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x