Generasi Milenial di KBB Jangan Malu Jadi Petani

- 21 September 2020, 13:40 WIB
KOMEDIAN Narji kini aktif menjadi seorang petani di kampung halamannya.*
KOMEDIAN Narji kini aktif menjadi seorang petani di kampung halamannya.* //Instagram/Podcast Ruang Sandi

BERITA KBB - Generasi milenial di Kabupaten Bandung Barat didorong untuk berwirausaha di bidang pertanian. Hal itu penting untuk mengatasi laju penurunan jumlah petani di era revolusi industri 4.0.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bandung Barat Heru Budi Purnomo mengatakan, dengan semangat gerakan para pemuda untuk terjun ke dunia pertanian diharapkan sektor pertanian di KBB bisa lebih maju. 

“Kami sekarang berupaya bagaimana menciptakan regenerasi petani muda agar mau terlibat dan terjun langsung di sektor pertanian ini. Dengan inovasi program yang ada, kami akan dorong itu,” kata Heru, Senin 21 September 2020.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 7 Fakta Unik Kabupaten Bandung Barat

Heru optimistis, para pemuda dengan inovasi dan kreativitasnya mampu bersaing di era revolusi industri 4.0. Apalagi, di era digital ini menurutnya beberapa petani muda di KBB ada yang sukses menggeluti bidang pertanian. 

“Sebetulnya beberapa petani muda kini sudah banyak muncul. Misalnya, petani muda yang menggeluti sektor pertanian di bidang holtikultura seperti kaktus, sayuran dan buncis. Mereka sudah berkembang dengan menciptakan aplikasi jual sayuran online,” katanya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2017-2018 terjadi penurunan jumlah petani muda sebanyak 415.000 petani. Krisis regenerasi petani ini dikhawatirkan mengancam ketahanan pangan nasional.

Baca Juga: Wow! 5 Ikon di Bandung Barat Ini Ternyata Sudah Mendunia

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna sebelumnya juga mengajak milenial di KBB untuk menekuni bidang pertanian. Terlebih, di era digital saat ini, peluang ekonomi dari sektor pertaniaan memiliki potensi cukup besar.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x