Isu Pemekaran Kota Lembang Mencuat, Ini 7 Fakta Unik Kabupaten Bandung Barat

- 7 November 2020, 17:43 WIB
Selain Observatorium Bosscha di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Indonesia akan memiliki observatorium nasional lainnya di Kupang, NTT
Selain Observatorium Bosscha di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Indonesia akan memiliki observatorium nasional lainnya di Kupang, NTT /SEPTIAN (BERITA KBB)

BERITA KBB - Wacana Pemekaran Kota Lembang dari Kabupaten Bandung Barat (KBB) saat ini tengah mencuat. Lembang merupakan salah satu dari 16 kecamatan di KBB yang dikenal sebagai kota wisata.

Munculnya wacana tersebut berawal dari Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah (Forkoteda) Jawa Barat yang mengajukan Kecamatan Lembang menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

Kabupaten Bandung Barat sendiri merupakan daerah otonomi baru, pemekaran dari Kabupaten Bandung pada 2007. Dengan demikian, usia Kabupaten Bandung Barat tahun ini (2020) baru menginjak 13 tahun.

Baca Juga: Kode Keras Sandiaga Uno Soal Jadi Ketum, Sekjen PPP Akhirnya Buka Suara

Berikut 7 fakta unik Kabupaten Bandung Barat dikutip dari Berita KBB dalam artikel Wajib Tahu! Ini 7 Fakta Unik Kabupaten Bandung Barat.

  1. Hari Jadi

Pada lima tahun pertama sejak berdirinya, Kabupaten Bandung Barat memperingati hari jadi setiap tanggal 2 Januari. Namun mulai tahun 2013, daerah ini memperingati hari jadi pada tanggal 19 Juni. April.

Berdasarkan berbagai pembahasan dengan pemerintah daerah, DPRD, Komite Pembentukan KBB, dan juga pakar sejarah, Kabupaten Bandung Barat terbentuk pada 2 Januari 2007 yang ditandai dengan pengesahan RUU menjadi UU No.12 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Bandung Barat yang
disahkan Presiden RI.

Namun secara faktual, pemerintahan di daerah itu baru berlangsung 19 Juni 2007 yang ditandai dengan pengangkatan Tjatja Kuswara sebagai pejabat sementara Bupati Bandung Barat.

Baca Juga: Kutip Hadist Nabi Muhammad, Joe Biden Janjikan Ini pada Umat Islam Jika Terplih Jadi Presiden

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari

Sumber: Berita KBB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x