Pemekaran Kota Lembang dari Kabupaten Bandung Barat Dinilai Layak, Ini Alasannya

- 7 November 2020, 15:15 WIB
UPACARA masyarakat Kampung Kancah, Desa Cihideung, Kecamamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, pada tahun 2019 lalu masih berlangsung meriah, tahun 2020 diselenggarakan sederhana karena lokasi sudah menjadi kawasan objek wisata Cihideung Zoo Park.
UPACARA masyarakat Kampung Kancah, Desa Cihideung, Kecamamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, pada tahun 2019 lalu masih berlangsung meriah, tahun 2020 diselenggarakan sederhana karena lokasi sudah menjadi kawasan objek wisata Cihideung Zoo Park. /Heriyanto Retno/


BERITA KBB – Kecamatan Lembang menjadi salah satu dari 9 daerah di Jawa Barat yang diajukan menjadi daerah otonomi baru. Pemekaran Kota Lembang pun mendapatkan sambutan baik dari sejumlah tokoh masyarakat.

Wakil Ketua 1 Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah (Forkodetada) CDOB Kota Lembang Kusna Sunardi mengungkapkan CDOB Kota Lembang sudah waktunya berpisah dengan induknya yakni Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: Bupati Bandung Barat Tolak Pemekaran Kota Lembang, Ini Alasannya

"Kami setuju dan mendorong pemekaran Kota Lembang. Ada beberapa faktor yang membuat rencana CDOB Kota Lembang ini jadi urgen seperti demografi, ekonomi, sosial, dan politik," ungkap Kusna.

Nantinya, Kota Lembang bakal mencakup empat kecamatan yakni Kecamatan Parongpong, Cisarua, Kecamatan Lembang, dan Kecamatan Maribaya (sebagai kecamatan baru).

Kendati demikian, lanjut dia, ada beberapa tahapan yang mesti dilalui sebelum CDOB Kota Lembang akhirnya disetujui terutama soal pemekaran kecamatan di Lembang menjadi Kecamatan Lembang dan Kecamatan Maribaya agar memenuhi prasyarat pemekaran daerah otonomi baru.

Baca Juga: Bukan Sang Kekasih Wijin, Ternyata Sosok Ini yang Dimirip-miripkan di Video Syur Mirip Gisel

"Pemerintah daerah jangan dulu alergi CDOB karena masih banyak tahapan yang perlu dilalui, terutama itu pemekaran kecamatan. Proses pemekaran ini sebetulnya sudah berjalan dua tahun, tapi belum ditindaklanjuti lagi oleh bupati," terangnya.

Menurut Kusna, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna tak perlu risau dengan wacana CDOB Kota Lembang mengingat proses pemekaran masih lama.

Baca Juga: UAS hingga Amien Rais Dirayu untuk Jadi Anggota Majelis Syuro Partai Masyumi

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah