Cara Mengelola Keuangan dengan Menggaji Diri Sendiri, Simak Penjelasannya!

- 8 Oktober 2020, 14:59 WIB
Tips mengelola keuangan di masa pandemi COVID-19 di tengah ancaman PHK.
Tips mengelola keuangan di masa pandemi COVID-19 di tengah ancaman PHK. /unsplash

BERITA KBB – Pengelolaan keuangan yang baik dibutuhkan untuk mendapatkan keamanan finansial di masa mendatang. Salah satu caranya, yaitu dengan mengutamakan menggaji diri sendiri atau disebut “pay yourself first”.

Pay Yourself First adalah strategi keuangan pribadi berupa tabungan dan investasi yang meningkat dan konsisten sambil juga mempromosikan penghematan.

Tujuan dari pay yourself first ini adalah untuk memastikan bahwa pendapatan yang cukup disimpan atau diinvestasikan terlebih dahulu sebelum pengeluaran bulanan atau pembelian diskresioner dilakukan.

Baca Juga: Manipulasi Data TKK, Oknum ASN di Bandung Barat Mengaku Khilaf

Jika menurut anda ini penting maka inilah saatnya membayar diri Anda sendiri terlebih dahulu. Konsepnya sederhana: Setiap hari gajian, hal pertama yang Anda lakukan adalah menyisihkan sebagian pendapatan Anda ke dalam rekening tabungan.

Anda melakukan ini sebelum Anda membayar sewa, sebelum Anda membayar tagihan Anda yang lain, dan sebelum Anda menuju ke happy hour. Anda “membayar diri Anda lebih dulu.

Dengan membayar diri Anda sendiri terlebih dahulu, pada dasarnya Anda menyimpan sejumlah uang untuk diri sendiri, baik itu untuk tabungan atau rekening pensiun.

Baca Juga: Live Streaming FTV SCTV 'Dodol In Love', 8 Oktober 2020, Sedang Tayang

Dikutip dari Investopedia, pastikan Anda menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda untuk ditabung. Memikirkan tabungan pribadi sebagai tagihan pertama yang harus Anda bayarkan setiap bulan benar-benar dapat membantu Anda membangun kekayaan yang luar biasa dari waktu ke waktu.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari

Sumber: Investopedia


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x