Apakah Mental Health Itu Penting? Simak Penjelasannya!

- 9 Juli 2022, 09:47 WIB
Ilustrasi mental health
Ilustrasi mental health /Pixabay/wokandapix
 
BERITA KBB - Kesehatan Mental atau kerap kali disebut Mental Health merupakan suatu hal yang sudah tak asing untuk kita dengar.
 
Kesehatan mental sangat penting di setiap tahap kehidupan, mulai dari masa kanak-kanak, remaja hingga dewasa.
 
Sebelum ini mari mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan mental health. 
 
 
Kesehatan mental adalah cara dimana seseorang dapat menggambarkan kesejahteraan sosial maupun emosional. Setiap orang, terutama anak - anak dan remaja sangat membutuhkan mental health yang baik untuk berkembang dengan cara yang sehat.
 
Hal itulah yang membuat mereka membangun hubungan sosial yang kuat, beradaptasi dengan perubahan, dan menghadapi tantangan hidup.
 
Kebanyak orang masih berpikir bahwa orang yang sehat adalah orang yang jarang sakit secara fisik. Namun perlu kita ketahui dan pahami bahwasannya orang yang sehat adalah orang yang sehat dari kedua aspek yaitu jasmani dan rohaninya.
 
 
Seperti halnya kesehatan fisik, kesehatan mental juga tidak boleh luput dari perhatianmu. Karena pada dasarnya apabila kesehatan mentalmu terganggu, kondisi fisik dan kualitas hidupmu juga dapat menurun menurun. 
 
Seseorang dapat dikatakan sehat secara mental ketika ia merasa sejahtera, baik secara psikologis, emosional, maupun sosial. 
 
Hal itu terbukti karena, kesehatan mental berpengaruh terhadap bagaimana seseorang berpikir, merasakan, bertindak, membuat keputusan, dan berinteraksi dengan orang lain.
 
Mengenali kesehatan mental yang kita miliki merupakan bentuk kepedulian terhadap diri kita sendiri. Ini dapat kita sebut sebagai self-awareness. Self-awareness sendiri merupakan kesadaran diri untuk memperhatikan diri kita sendiri.
 
Adapun salah satu cara untuk self-awareness ialah  dengan mulai mengenali bagaimana kesehatan mental kita. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk memahami dan mengontrol diri.
 
Melihat ini, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Mental yang sehat dan positif memungkinkan tubuh berfungsi dengan baik dan membantu untuk memiliki koneksi sosial dengan orang lain. 
 
Sebab itu, kamu harus menjadi keadaan mental health kamu, karena itu merupakan hal terpenting untuk diri kamu sendiri. 
 
Dilansir dari halodoc, Berikut sejumlah tips untuk membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan mental yang perlu diketahui, yaitu:
1. Menghabiskan waktu bersama teman, orang yang dicintai dan orang yang kamu percayai;
2. Bicarakan atau ungkapkan perasaan secara teratur;
3. Kurangi konsumsi alkohol;
4. Hindari penggunaan narkoba;
5. Tetap aktif dan makan dengan baik;
6. Kembangkan keterampilan baru dan kemampuan yang sudah dimiliki;
7. Sering bersantai dan nikmati hobi;
8. Tetapkan tujuan yang realistis;
9. Luangkan waktu;
10. Dapatkan bantuan profesional jika membutuhkannya;
11. Dapatkan waktu tidur yang cukup.
 
Itulah penjelasan mengenai pentingnya Mental Health bagi diri kita. Perlu kita sadari bahwa kesahatan mental menjadi sebuah kebutuhan yang harus selalu diperhatikan oleh masyarakat.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x