Mengapa Bekas Luka Terasa Gatal? Simak Penyebabnya Yang Wajib Kalian Tahu!

- 18 Juli 2022, 11:43 WIB
Bekas Luka
Bekas Luka /Pixabay/saulhm/
BERITA KBB - Semua orang pasti pernah terluka. Entah itu luka kecil, luka goresan atau bahkan luka pasca operasi. Selain menimbulkan rasa nyeri, seringkali luka ataupun bekas luka yang ada ditubuh anda menimbulkan rasa gatal yang menganggu.
 
Gatal ini bisa terjadi karena beberapa kondisi, mulai dari adanya infeksi pada kulit, alergi hingga proses penyembuhan luka itu sendiri. Bahkan ketika luka sudah sembuh dan tersisa bekas luka, bekas luka ini pun turut akan membuat gatal.
 
Lantas apa sebenernya arti dari luka?
 
 
Luka adalah keadaan saat hilangnya kontinuitas pada kulit. Agar luka bisa menutup kembali, maka perlu dilakukan beberapa tahapan proses penyembuhan luka. 
 
Adapun tahapan proses peyembuhan luka di antaranya adalah proses hemostasis atau pembekuan darah, proses peradangan atau disebut dengan proses inflamasi, proses pembentukan jaringan baru, dan proses penguatan jaringan baru.
 
Gatal pada saat proses penyembuhan luka merupakan suatu yang normal dan biasa terjadi. Penyebab terjadinya rasa gatal pada bekas luka itu sendiri biasanya terjadi akibat rangsangan fisik, rangsangan kimia, dan juga regenerasi atau proses perbaikan saraf. 
 
 
Normalnya, kondisi gatal seperti ini memang umumnya terjadi dalam waktu yang berdekatan dari cidera (kurang dari 1-2 bulan). Namun, pada orang yang sensitif, mungkin juga keluhan gatal akan bekas ruka ini pun terjadi secara berkepanjangan. 
 
Gatal di bekas luka bisa terasa semakin hebat misalnya jika terjadi iritasi. Iritasi yang dapat menyebabkan rasa gatal pada bekas luka yakni dikarenakan bergesekan dengan pakaian, terkena garukan, atau mengalami infeksi karena keberhasilan diri anda yang kurang baik. 
 
Sedangkan, bekas luka yang sulit hilang penyebabnya biasanya berkaitan dengan kedalaman atau luas luka yang cukup besar. Di samping itu, perawatan luka yang kurang baik, asupan gizi, rokok, dan genetik (bawaan) pun bisa menjadi faktor lainnya. 
 
Nah, berdasarkan penjelasan diatas, disini Berita KBB akan memberikan tips ketika gatal menyerang bekas luka yang ada ditubuh anda. 
 
Berikut langkah awal yang bisa Anda coba:
 
1. Hindari menggaruk berlebihan bekas luka yang gatal karena bisa menghambat penyembuhan dan menyebabkan bekas luka semakin sulit hilang
2. Jaga selalu kebersihan diri, yakni dengan mandi teratur dan mengenakan pakaian yang bersih, tidak ketat, dan berbahan lembut
3. Untuk mengurangi gatal, jika luka sudah kering, Anda bisa mengoleskan lotion calamine (hindari penggunaan lotion ini jika luka masih basah)
4.Makan cukup sayur dan buah
5. Hindari merokok
 
Demikian, itulah penjelasan mengenai mengapa bekas luka kerap kali menimbulkan rasa gatal. Semoga bermanfaat.***
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah